Glossary

Grammar Bahasa Inggris By Neth Herman

Istilah-istilah yang digunakan dalam bahasan materi Bahasa Inggris di Pelg-grammar.

Halaman ini berisi istilah-istilah yang digunakan dalam bahasan pokok materi Grammar (tata bahasa) Bahasa Inggris di Pelg-grammar.blogspot.com diantaranya adalah:


Lexical Verb
Kata Kerja yang memiliki arti jelas dan dapat dipahami maknanya dalam sebuah konteks kalimat.
Contoh: Go, sweep, start, dst.

Main Clause
Main clause adalah kalimat inti atau kalimat utuh yang terdiri atas unsur-unsur utama minimum yaitu: 1 buah subject dan 1 buah verb. Main clause disebut juga independent clause atau klausa bebas. "Bebas" artinya, dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada klausa lainnya. (baca juga: sub clause).

Sub Clause
"Sub" adalah kependekan dari "subordinate" yang berarti: "bagian dari .....". Sub clause disebut juga dependent clause atau klausa yang tidak dapat berdiri sendiri dan hanya bisa digunakan bilamana ada main clause. Sub clause terbentuk dari gabungan antara; Conjunction + Subject + Verb.

Structural Verb
Kata Kerja yang tidak memiliki arti jelas dan hanya memiliki fungsi dan kedudukan dalam sebuah konteks kalimat. Contoh: is, am, were, are, was, be, dst.

Bare-Infinitive
Kata kerja dasar yang tidak mendapat awalan [TO]. Kata kerja dasar ini sering disebut pula dengan istilah: Present Verb. Contoh: swim, wake, run, stop, learn, dsb. Dan, ini berbeda dengan: to swim, to wake, to run, to stop, to learn, dsb.

Linking Verb
Kata kerja yang berfungsi menghubungkan antara Subject dan Complement. Kedudukan linking verb ini sama dengan Fungsi BE atau TO BE dalam sebuah konteks kalimat. Contoh Linking Verb yaitu: seem, look, appear, turn, go, dst.

Infleksi
Infleksi berasal dari kata bahasa inggris, yaitu: Inflection. Diterjemahkan sebagai bentuk pergeseran atau perubahan atas satu huruf atau lebih didalam membangun struktur kata baru. Contoh: Huruf [y] pada kata kerja [try] dalam pola kalimat positive verbal simple present akan mengalami infleksi atau terinfleksi menjadi huruf [i] manakala subjectnya berupa: He, she, it dan padanannya.

Omisi
Omisi (dalam bahasa inggrisnya adalah: Omission) merupakan perilaku sebuah kata yang mengalami "penghilangan" atas huruf-huruf pada kata itu didalam membentuk struktur baru atau kata baru.
Contoh: kata kerja /explain/ akan mengalami omisi pada huruf /i/-nya bilamana ingin dibentuk menjadi kata benda sehingga menjadi: /explanation/.

Padanan
Padanan sama artinya dengan persamaan. Contoh: subject [she] padanannya adalah [shinta]. Dengan kata lain, nama seorang perempuan [shinta] dapat diganti dengan istilah lain yaitu berupa [she] dimana [she] adalah bentuk Kata Ganti Orang untuk perempuan berjumlah 1 atau tunggal.

Determiner
Determiner dalam arti khusus (pelg-grammar.red) diterjemahkan sebagai penanda atau indicator. Digunakan sebagai alat analisis untuk mengetahui jenis, struktur/pola, kedudukan/status dan fungsi dari sebuah kata dan prase. Determiner dalam arti luas adalah penggunaan fungsi this/that dan these/those sebagai kata tunjuk singular dan plural.

Semantic
Semantik adalah sebuah studi mengenai makna (interpretasi) atas sebuah ungkapan secara lingustik.
Semantically (diterj.) secara semantik.

Lexical Word
Kata yang memiliki arti tertentu dan jelas atau lexicon (lexicon = kekamusan)

Structural Word
Kata yang tidak memiliki arti jelas dan tidak dapat diterjemahkan secara harfiah. Structural Word tidak dapat berdiri sendiri. Penggunaan structural word harus dengan kata lain yang ditentukan secara gramatical.

Grammatical
Segala sesuatu yang ditentukan berdasarkan kaidah ketatabahasaan Bahasa Inggris.

Interpretasi Akhiran [-al] pada sebuah kata
-al merupakan akhiran atas sebuah kata yang memberi pengertian: " .... berhubungan dengan ...."
contoh: grammatical (berhubungan dengan grammar), dsb.

Absolute Case
Adalah cara mengungkapkan sesuatu yang mengandung "kepastian" atau "keyakinan".
Misalnya:
I have no money (saya benar-benar tidak memiliki uang sedikitpun).
Kalimat itu berbeda dengan:
I don't have money (Saya tidak mempunyai uang .... tetapi...)
Maksudnya sama dengan: tidak punya uang disaku saya saat ini- tetapi, ada dirumah/di bank.

Present Participle
Adalah nama lain dari Kata Kerja berakhiran -Ing, atau -ing form verb atau verb-ing.
Contoh:
Sleeping -> He is sleeping soundly.
Kedudukan Present participle ini adalah murni kata kerja/mengandung kerja dan, ini yang membedakannya dengan Gerund (verb-ing yang telah berubah fungsi menjadi kata benda - noun).

Gerund
Adalah Kata kerja yang berkakhiran -ing yang telah berubah fungsi menjadi Kata Benda (Noun).

Predicative Sentence
Adalah sebuah kalimat utuh (terdiri atas; 1 buah subject, verb dan object/adverb/complement) yang memiliki unsur predikat (predicate) didalamnya.

Past Participle
Past Participle adalah Nama Orisinil dari Kata Kerja Bentuk Ke-3 yang digunakan dibanyak pola kalimat khususnya dalam bentuk Present Perfect Tense, Past Perfect Tense, Future Perfect Tense, Kalimat Pasif (Passive Voice) baik berwujud Irregular Verb maupun Regular Verb.

Morphology
Dalam bahasa inggris, morphology diterjemahkan sebagai: "..... the study of word structure", atau Ilmu yang mempelajari tentang struktur kata, bentuk kata atau pola kata.

Subordinate Conjunction
Subordinate disebut juga "sub" yang sering digunakan dalam istilah main clause dan sub clause. Subordinate conjunction memiliki bentuk persis sama seperti conjunction pada umumnya (seperti; because, when, after, before, although, dsb). Akan tetapi digunakan untuk membentuk pola sub clause. (baca juga: sub clause).

Derivasi Interjection
Ungkapan Interjection yang diambil dari kata lain, misalnya; kata benda (noun), kata sifat (adjective) dan kata kerja (lexical verb) sehingga berubah menjadi interjection sama sekali.

Quantifier
Quantifier adalah Determiner Kata Keterangan Kuantitas (Adverb of Quantity), misalnya: little, few, a lot of, many, much, some, any, db.