Cara Efektif Belajar Grammar Bahasa Inggris di Pelg-grammar

Grammar Bahasa Inggris By Neth Herman

Pendahuluan

Bila anda membaca materi yang disajikan oleh pelg-grammar.blogspot.com maka anda akan menemui istilah-istilah yang asing seperti; lexical verb, structural verb, determiner, dsb. Artinya, istilah itu hampir tidak ditemukan dibangku sekolah baik SD, SMP, SMA/sederajat dan (mungkin) perkuliahan.

Perlu anda ketahui bahwa, kita belajar bahasa inggris dari SD kelas IV hingga SMA. Akan tetapi hasilnya kurang dan jauh dari memuaskan. Oleh karena itu, kami (author pelg-grammar) kemudian mengambil sampel, meneliti dan menganalisanya dan akhirnya kami menyimpulkan bahwa:

Materi bahasa inggris khususnya Grammar Bahasa Inggris yang sering kita pelajari, baik di bangku sekolah, pendidikan nonformal dan lainnya tiada lain karena adanya istilah dan kaidah yang sepertinya baik-baik saja, tetapi justru membuat kita sulit untuk memahaminya padahal tidaklah demikian.


Istilah-istilah yang kami jelaskan pada anda tersebut tidaklah melanggar kaidah ketatabahasaan Bahasa Inggris secara umum dan khusus. Istilah dan cara penyampaian tersebut kami sajikan berdasarkan adat, kultur dan dialektis kebahasaan masyarakat Indonesia agar lebih fokus pada kunci bahasan ketimbang hal-hal yang sebenarnya memerlukan banyak diskusi dan pendalaman.

Dengan metode yang kami berikan, kami berharap, anda akan memahami grammar bahasa inggris secara lebih mendasar, rinci dan mendalam sehingga dapat mengembangkan pengetahuan itu untuk keperluan lain yang lebih mendesak seperti; dalam rangka mendukung bisnis anda, pendidikan anda ke jenjang yang lebih tinggi dan sebagai media komunikasi lebih cepat dan lancar. Oleh karena, menguasai percakapan tanpa grammar adalah mustahil, karena grammar merupakan fondasi komunikasi (baca:percakapan).

Dihalaman ini juga kami bermaksud menjelaskan tata urutan atau tahapan secara efektif didalam belajar grammar di pelg-grammar ini secara efektif dan berhasil.

Tahapan 1: Kuasai Dasar Materi Grammar Bahasa Inggris

Adapun yang termasuk tahapan 1 meliputi penguasaan materi:
  1. Apa itu "Kata" dan Perbedaan antara "Kata/word:" dan "Phrase",
  2. Bagaimana Bentuk Kalimat Dasar Bahasa Inggris itu.
  3. Apa itu Clause/Klausa?

Tahapan 2: Kuasai Dasar Materi Part of Speech

Meliputi;
  1. Noun (Kata benda)
  2. Pronoun (Kata ganti)
  3. Adverb (Kata keterangan)
  4. Verb (Kata kerja)
  5. Adjective (Kata sifat)
  6. Preposition (Kata depan)
  7. Conjunction (Kata penghubung)
  8. dan, Articles (Kata sandang)

Tahapan 3: Memahami Apa itu TENSES

Pengetahuan Tenses ini mencakup:
Bagaimana Kata Bantu (Auxiliary) dan Kata Kerja (Verb) digunakan dalam tenses,
khususnya dalam pola kalimat Nominal dan Verbal.






Tahapan 4: Berlatih Menganalisa sebuah Konteks Kalimat


Untuk menganalisa sebuah konteks/kalimat atau studi kasus mengenai kata, prase, kalimat ataupun klausa tentu saja kita membutuhkan apa yang disebut dengan "Penanda" atau "Determiner".
Dengan determiner ini, kita dapat mengenali kedudukan dan fungsi kata pada sebuah kalimat.

--------------------------

Melihat tahapan-tahapan dasar diatas, tentu saja anda akan berkomentar:

"akan lama sekali menguasai dasar-dasar grammar kalo begitu?"

Pelg-grammar menjawab: Tentu tidak.
Bagaimana caranya?

Untuk memulai belajar secara intensif dan efektif dalam rangka penguasaan dasar grammar secara mendalam dan jelas, silahkan anda baca bagian:




NB: Attention!
Bila ada pertanyaan seputar masalah diatas, jangan segan2 menghubungi kami, baik via email: jean.rasyid@gmail.com, maupun via facebook di https://www.facebook.com/id.hermannz.

Semoga Bermanfaat.
Amin!