Beda antara "What do you do" dan "What are you doing?"

Grammar Bahasa Inggris By Neth Herman

What do you do?

Ungkapan "what do you do?", secara umum identik atau sama halnya dengan, "what is your occupation?", "what is your job?", "what is your profession?" Keempat ungkapan tersebut memiliki makna: "Apa pekerjaanmu?". Intinya, pertanyaan "what do you do?" tersebut menanyakan "status pekerjaan saat ini". Namun, apabila pertanyaan "what do you do?" ditambahkan kata keterangan tempat atau kata keterangan waktu, maknanya selalu berkenaan dengan habitual action (kebiasaan sehari-hari).

Contoh:
What do you do in the night?
(Apa yang kamu lakukan pada malam hari?)

In the night -> Adverb of time

Juga dapat ditambahkan adverb of frequency (Kata keterangan frekuensi/keseringan).
Contoh:
What do you usually do in the weekend?
(Apa yang biasanya kamu lakukan diakhir pekan?)

Berdasarkan contoh diatas, ungkapan "what do you do?" tidak hanya berlaku pada pertanyaan yang mengarah pada status atau pekerjaan tetapi juga digunakan untuk menanyakan kebiasaan yang sering dilakukan sehari-hari. Dengan kata lain, pertanyaan tersebut memiliki 2 kegunaan:
  1. Untuk menanyakan status/pekerjaan seseorang
  2. Untuk menanyakan apa yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari (kebiasaan).

Menyimak uraian diatas, seakan-akan, ungkapan what do you do? hanya digunakan dalam simple present tense. Akan tetapi, khusus untuk menanyakan kegiatan/kebiasaan yang lampau dapat pula menggunakannya dalam bentuk simple past tense.

Contoh:
What did you do yesterday afternoon?
(Apa yang kamu lakukan kemarin sore?)

Perhatikan bahwa kalimat diatas menggunakan kata bantu (auxiliary) "did" sebagai bentuk pertanyaan simple past tense dan pertanyaan tersebut tidaklah ditujukan untuk menanyakan status/pekerjaan, sehingga, adalah tidak mungkin menanyakan status atau pekerjaan dengan menggunakan "what do you do" pada simple past tense:

Contoh:
What did you do?
= pertanyaan ini tidak jelas --- bilamana hanya ada satu ungkapan ini saja).

Untuk itu kita dapat menggunakan ungkapan lain yang sama makna, misalnya:

What was your job a year ago?
What was your profession a year ago?
What was your occupation a year ago?
(Apa pekerjaanmu setahun yang lalu?)


What are you doing?

Ungkapan "what are you doing?" adalah bentuk ungkapan dalam present continuous tense. Seperti yang telah dibahas pada halaman yang lalu, present continuous tense digunakan untuk menanyakan keadaan yang sedang terjadi, status sekarang-sekarang ini atau kegiatan yang diprediksikan akan terjadi dimasa yang akan datang. Dengan kata lain, ungkapan "what are you doing?" adalah pertanyaan murni dalam bentuk present continuous tense.

Kegunaan present continuous tense:

  • menggambarkan keadaan atau apa yang sedang terjadi detik ini juga
  • menggambarkan status kegiatan yang sedang berlangsung sekarang-sekarang ini
  • menggambarkan kemungkinan (diprediksikan) akan terjadi dimasa yang akand datang.

Kegunaan Present Continous Tense 1:
Menyatakan apa yang sedang terjadi saat ini juga

Contoh:
What are you doing?
(Apa yang sedang kamu lakukan?)

What is she cooking?
(Apa yang sedang dia masak?)


Kegunaan Present Continous Tense 2:
Menyatakan apa yang sedang berlangsung sekarang ini

Contoh:
Situasi:
..... Faradillah, januari yang lalu diterirma bekerja sebagai dosen Bahasa Inggris disebuah akademi bahasa asing di jakarta dan sampai saat ini dia masih bekerja disana. Di sebuah kantin kampusnya, dia bertemu dengan teman lamanya, Herman,  yang kini juga bekerja di jakarta, disebuah perusahaan IT.
Setelah bertegur sapa dan menanyakan khabar masing-masing, lalu .............

Herman: What are you doing here?
Faradillah: I'm working in this academy.

Pada dialog pendek diatas, kita menemukan kalimat:: I'm working atau I am working yang berarti: "saya sedang bekerja". Berdasarkan situasi diatas kita tahu bahwa Faradillah adalah dosen bahasa inggris di akademi tersebut. Yang menjadi pertanyaan adalah: "Apakah detik itu juga dia sedang mengajar?". Jawabnya jelas tidak. Dia sedang berada di kantin kampus dan bertemu dengan teman lamanya. Dengan kata lain, pertanyaan "what are you doing here?" dengan jawaban "I'm working" tidak selalu digunakan untuk menggambarkan kejadian yang sedang berlangsung detik ini juga, akan tetapi juga menyatakan status/keadaan yang sedang berlangsung yaitu "masih dan sedang bekerja sebagai dosen dikampus tersebut".

Itulah kenapa, seringkali kita mendengar dimana pertanyaan present perfect continuous tense justru dijawab dengan present continuous tense:

Contoh:
X: How long have you been staying in this apartment?
Y: I'm staying here about two days (informal).


Kegunaan Present Continous Tense 3:
Menyatakan kemungkinan terjadi dimasa yang akan datang (future time)

Present continous tense juga digunakan untuk menyatakan/mengungkapkan kejadian yang mungkin terjadi dimasa yang akan datang atau mengandung future tense.

Contoh:
Solihin: What are you doing on Friday?
(Apa yang akan kamu lakukan pada hari jum'at ini?)

Firdaus: I'm visiting my uncle on Friday.
(Saya akan mengunjungi pamanku jum'at ini).



Kesimpulan:
Dari uraian diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa pertanyaan "what do you do?" seringkali digunakan untuk menanyakan status atau pekerjaan seseorang sedangkan ungkapan "what are you doing?" lebih mengacu pada pertanyaan tentang "apa yang sedang terjadi".

Terlepas dari kesimpulan tersebut, pertanyaan "what do you do?" dapat pula digunakan untuk menanyakan kebiasaan-kebiasaan sehari-hari (habitual action), sedangkan "what are you doing?" digunakan sesuai dengan kegunaan asli dari present continuous tense, yakni: menyatakan kejadian yang sedang berlangsung detik ini juga; menyatakan kejadian yang mungkin terjadi dimasa yang akan datang (mengandung aspek future tense); dan, untuk menyatakan kejadian yang masih atau status yang sedang berlangsung sekarang ini.