Noun Clause: Sub Clause Berkedudukan Sebagai Direct Object

Grammar Bahasa Inggris By Neth Herman

Kata benda (Noun) bisa berupa orang (person), sebuah tempat (place) dan benda/selain orang (thing). Kata benda itu dapat berkedudukan di posisi subject, object maupun complement, demikian pula pada Noun clause yang juga dapat diletakkan di posisi subject, object ataupun complement.

Seperti pada bahasan sebelumnya mengenai bagaimana cara memahami noun clause, posisi sub clause salah satunya adalah sebagai object. Menyimak bahasan mengenai object dari sebuah kalimat bahwa terdapat 2 jenis object dalam bahasa inggris yaitu: Indirect object (IO) dan Direct object (DO). Yang menjadi pertanyaan adalah: Diposisi manakah sub clause dari noun clause ini diletakkan, direct object atau indirect object? Pertanyaan inilah yang akan kita bahas dan dijawab pada kesempatan kali ini secara rinci, mendalam dan tuntas.

Review: Perbedaan antara Direct Object & Indirect Object

Untuk membedakan direct object (Obyek langsung) dan indirect object (obyek tak-langsung) adalah dengan melihat dan memahami unsur asal dari object tersebut, yang dalam hal ini:

  1. Direct Object: berbentuk kata benda (noun), prase kata benda (noun phrase) atau objective pronoun yang merupakan kata ganti dari benda yang dimaksud.
  2. Indirect Object: berbentuk pronoun, sehingga disebut dengan objective pronoun.

Conto:
He gives me a book.
(Dia memberi saya sebuah buku)

Pada contoh diatas, direct object-nya adalah /a book/ karena /a book/ adalah kata benda, sedangkan /me/ adalah indirect object yang berupa pronoun atau objective pronoun. Mengapa harus benda? karena, apa yang menjadi target/tujuan kata kerja /gives/ adalah /a book/ dan bukan /me/.

Kalimat diatas dapat pula disusun sbb:

He gives a book for me.
(Dia memberikan sebuah buku untukku).

Pada kalimat ini, objective pronoun yang berkedudukan sebagai indirect object memiliki kata depan berupa /for/ dan terkadang /to/.
Contoh:
(i) He explains the problem to me.
(ii) He explains it to me.

Pada contoh nomor (ii) diatas, kata benda abstract berupa /the problem/ dapat diganti dengan kata ganti untuk benda yakni /it/. Dengan kata lain, /it/ menunjuk pada /the problem/. Bila benda-nya jamak/plural, maka kata ganti benda yang paling tepat adalah /them/.
Contoh:
He tells everything to me


Sub Clause Menduduki Posisi Direct Object

Menyimak penjelasan diatas mengenai perbedaan antara direct object dan indirect object - sehubungan dengan bahasan kita kali ini - maka, sub clause dapat diletakkan atau berkedudukan di posisi direct object. Dengan kata lain, bila dalam sebuah kalimat bahasa inggris terdapat unsur direct object dan indirect object-nya, maka sub clause dapat diletakkan di posisi direct object.

Perhatikan susunan pola noun clause yang mengandung direct object berikut ini!

1) Pola kalimat yang mengandung direct object dan indirect object:

Subject + Transitive Verb + Indirect Object + Direct Object

Contoh:
He explains me the lessons.
/the lessons/ adalah direct object.

2) Pola noun clause yang sub clause-nya berada diposisi direct object:

(i) Subject + Transitive Verb + Indirect Object + Sub-Clause

Contoh:
He explains me which sentence uses the correct order.

atau,

(ii) Subject + Transitive Verb + Sub-Clause + to/for + Indirect Object

Contoh:
He explains which sentence uses the correct order to me.


Clause /which sentence uses the correct order/ adalah sub-clause dalam bahasan Noun Clause ini, dan berkedudukan sebagai obyek langsung atau direct object dalam kalimat tersebut. Adapun mengenai indirect object dan unsur lainnya tidaklah mengalami perubahan apa-apa.


_________________________________


Materi yang terkait dengan bahasan ini:
Mengenal dan Memahami Direct Object dan Indirect Object dalam Bahasa Inggris
Kata Kerja Transitive dan Intransitive Verb dalam Bahasa Inggris.
Apa itu Objective Pronoun?.