Kata Kerja BE dalam Bahasa Inggris

Belajar Grammar Bahasa Inggris | Pelg-grammar By Neth Herman

Menurut asalnya, kata kerja dalam bahasa inggris itu ada 2 jenis, yaitu: lexical verb dan structural verb. Pada bahasan mengenai BE dihalaman sebelumnya, kita telah mengenal ada 2 fungsi BE/TO BE yakni: BE sebagai kata bantu (auxiliary) dan BE sebagai kata kerja berbentuk structural (structural verb).


"Fungsi atau Kegunaan BE dalam Bahasa Inggris ada 2; sebagai Auxiliary dan sebagai Structural Verb."


Kegunaan/Fungsi BE sebagai Kata Kerja dalam Bahasa Inggris

Khusus bahasan grammar bahasa inggris kali ini, kita akan membicarakan fungsi atau kegunaan BE sebagai kata kerja structural. Kata kerja structural (structural verb) adalah kata kerja yang tidak memiliki arti jelas tapi memiliki fungsi sangat penting yaitu sebagai kata kerja, sedangkan kata kerja merupakan unsur pembangun kalimat inti dan dengan adanya unsur kata kerja maka rangkaian kata itu dapatlah disebut sebagai kalimat utuh. Kata kerja structural BE ini hanya akan anda temukan di pola kalimat nominal (Nominal Sentence).


"Kata Kerja Structural BE hanya digunakan dalam Pola Kalimat Nominal."


Contoh penggunaan BE sebagai kata kerja:

She is a spoiled girl.
(Dia gadis yang manja).

Pada contoh diatas, kita menemukan adanya unsur kata kerja structural didalamnya yakni berupa BE /is/. Kata kerja BE dalam bentuk /is/ tersebut tidaklah sama dengan kata kerja lexical semisal; write, go, sleep, invite, give, swim, escape, respect, suggest, warn, dsb. dalam hal "keterkaitannya dengan unsur pembangun kalimat lainnya", yaitu; complement (pelengkap).


Perhatikan uraian rinci berikut ini!

Kita telah mengetahui bahwa struktur kalimat nominal adalah adanya unsur subject, kata kerja BE dan complement.

Subject + BE + Complement

Dalam hal ini, adalah kurang lengkap bila kalimat itu tidak mengikutsertakan unsur complement didalamnya sehingga ketiga unsur tersebut (subject, BE dan complement) adalah keharusan didalam pembentukkan pola kalimat nominal walaupun, secara definitif (pengertian), bahwa "Kalimat (Sentence)" dapat dikatakan sebagai sebuah kalimat utuh bilamana didalamnya terdapat unsur pembangun kalimat berupa - sekurang-kurangnya - ada 1 buah subject dan 1 buah verb.

Contoh:

Kalimat Verbal:
She stands up. (Dia berdiri).

Kalimat Nominal:
She is smart. (Dia pandai).

Dari kedua contoh diatas, kita melihat bahwa pada kalimat verbal adalah mungkin apabila unsur pembangun kalimatnya adalah subject /she/ dan lexical verb /stands up/. Akan tetapi, pada kalimat nominal tidaklah mungkin hanya dengan mengatakan /she is/ lawan bicara kita akan mengerti maksud kita sebenarnya bahwa /she is smart/. Dengan kata lain, kata /smart/ yang merupakan kata sifat (adjective) dan berkedudukan sebagai complement dalam contoh tersebut tidaklah dapat dihilangkan. Terkecuali ketika kita menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan itu, misalnya:

Tina: Is she smart? (Apakah dia pandai?)
You: She is. (benar sekali)

atau,

You: Yes, she is. (Ya, benar).


Cara Menafsirkan Makna BE sebagai Kata Kerja dalam Pola Kalimat Nominal

Bila kita bertanya, misalnya: "Apa makna/terjemahan dari BE sebagai kata kerja dalam pola kalimat nominal tersebut?". Seperti yang telah dinyatakan diatas bahwa kata kerja BE itu berbentuk Structural atau structural verb. Structural Verb tidaklah memiliki arti yang jelas atau non-lexicon (tidak "berbau" kekamusan. Itu artinya bahwa BE tidak dapat dilihat terjemahannya didalam kamus-kamus yang layak). Akan tetapi, didalam buku-buku sekolah, dan dibanyak kesempatan lainnya, kita menemukan bahwa BE memiliki arti tertentu?


Contoh:

I am a student.
(Saya adalah seorang siswa).

I am at home now.
(Saya berada dirumah sekarang).

I am fine.
(Saya dalam keadaan baik-baik saja).


Melihat contoh penggunaan BE diatas, kita melihat bahwa BE diterjemahkan; "adalah", "berada" dan "dalam keadaan". Apa boleh diterjemahkan seperti itu? Apakah demikian terjemahan dari BE?. Pelg-grammar menjawab: t-i-d-a-k. Bagaimana bisa?

Perhatikan contoh lain sebagai kasus perbandingan:

I am with you now.
(Saya bersamamu sekarang).
 

Pengecualian:
Untuk situasi tertentu - dalam bentuk percakapan/conversation bahasa inggris, be + with + object of preposition seperti contoh diatas /I am with you now/ terkadang bisa diterjemahkan: "setuju". Contohnya: Are you with me? (apakah kau setuju denganku?) yang merupakan padanannya dari: Do you agree at me?


Berdasarkan contoh diatas /I am with you now/ maka BE /am/ tidak dapat diterjemahkan dari salah satu contoh tersebut (ada/berada, adalah ataupun dalam keadaan). Hal ini adalah bukti bahwa, BE (baik sebagai kata kerja dalam kalimat nominal maupun sebagai kata bantu dalam kalimat verbal) tidaklah memiliki arti jelas atau terjemahannya. Contoh kasus penterjemahan BE diatas tidak dapat disebut sebagai: Terjemahan, akan tetapi lebih dekat dengan "penafsiran" atas makna BE tersebut. Hal ini terkadang berguna untuk menyamakan persepsi atau agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam bentuk - misalnya - percakapan.


Fungsi Ganda BE dalam Pola Kalimat Bahasa Inggris

Selanjutnya kita mempelajari adanya fungsi ganda dari BE selain sebagai kata kerja dalam kalimat nominal, yaitu: BE berfungsi sebagai kata bantu dalam pembentukkan kalimat Negative dan Interrogative.

Contoh:

(+) I am happy.
(Saya bahagia).

(-) I am not happy.
(Saya tidak bahagia).

(?) Am I happy?
(Apakah saya bahagia?).

Pada pola kalimat nominal berbentuk positive diatas, BE murni berfungsi utama sebagai kata kerja structural sedangkan pada contoh kalimat negative dan interrogative, BE tidak hanya berfungsi sebagai kata kerja structural tapi juga sekaligus berfungsi sebagai kata bantu dalam rangka membentuk pola kalimat negative dan interrogative.

BE + NOT (Pola Kalimat Negative)
BE didepan subjectnya/diawal kalimat (Pola Kalimat Interrogative).