SKIP TO MAIN CONTENT
www.pelggrammar.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Pelg-Grammar: Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan
date: 5/03/2016

Impersonal "IT"

Belajar Bahasa Inggris Grammar & Conversation Lengkap

Ringkasan Materi Bahasa Inggris
Impersonal It berbeda dengan kata ganti it sebagai subject. Impersonal it digunakan untuk menyatakan sesuatu yang berkaitan dengan cuaca, keadaan, waktu, jarak dan identifikasi atas sesuatu.
Impersonal berasal dari susunan unsur kata /im/ yang berarti "tidak", /person/ yang artinya "orang" dan akhiran /-al/ yang bisa diterjemahkan dengan "yang berhubungan dengan ....". Jadi, Impersonal "It" adalah digunakannya "It" untuk menyatakan sesuatu yang tidak berhubungan dengan orang.

Contoh:
What time is it? (Jam berapa sekarang?)

Catatan:
/It/ pada contoh diatas bukanlah subject sebenarnya atau real subject dan bukan bermakna /sekarang/. Diterjemahkan /sekarang/ disebabkan oleh adanya kata kerja /is/ yang mengacu pada bentuk sekarang (baca: simple present tense).

Fungsi/Kegunaan Impersonal "It" dalam Bahasa Inggris

Dalam grammar bahasa inggris, Impersonal it selalu dikaitkan (atau, ketika ingin menyatakan sesuatu yang berhubungan dengan selain orang seperti; mengenai cuaca (weather), keadaan, identifikasi atas sesuatu, jarak dan waktu.

Berikut ini adalah fungsi/kegunaan impersonal "it" dalam Bahasa Inggris:
  1. Impersonal "IT" digunakan untuk Menyatakan keadaan mood seseorang.

    Contoh:
    It is nice to meet you.
    .
    Bila kita perhatikan contoh kalimat /It is nice to meet you/ maka cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut> Kata "it" pada kalimat itu mengacu pada? jawabnya: tidak ada. Dengan kata lain, /It/ pada kalimat /it is nice to meet you/ mengacu pada keadaan mood dimana saya merasa senang atau /I feel happy to meet you/
    .
  2. Impersonal "IT" digunakan untuk proses identifikasi atas sesuatu/orang.

    Kegunaan Impersonal "It" yang kedua ini, kami katakan "proses identifikasi atas sesuatu/orang". Bukankah impersonal "It" digunakan untuk menyatakan sesuatu dan bukan "orang"?.
    .
    Perhatikan contoh berikut ini:
    Contoh:
    Who is it?
    .
    Pada kalimat tanya diatas yaitu /who is it?/ mengacu pada apakah/siapakah "it" tersebut?
    Pertanyaan diatas digunakan untuk bertanya tentang siapa itu - entah itu benda, hewan atau bahkan manusia. Artinya, pertanyaan /who is it/ mengacu sesuatu yang global tanpa terkecuali. Pertanyaan tersebut dalam rangka mengidentifikasi siapa gerangan sesuatu tersebut.
    .
    Misalnya saja - begini: pada suatu malam yang gelap gulita (listrik PLN mati mendadak), tidak lama kemudian terdengarlah ketukan pintu depan rumah kita tanpa berucap sesuatu atau mengeluarkan suara tertentu. Yang menjadi pertanyaan adalah: siapa yang mengetuk pintu itu? atau who knocks the door? apakah yang mengetuk pintu itu; orang, perempuan, laki-laki, hewan, atau angin yang menerpa ranting-ranting dan menghantam pintu itu berulang-ulang sehingga mengeluarkan suara seperti sedang mengetuk pintu tersebut atau justru "ghost"?.
    .
    Ketidaktahuan inilah yang membuat pertanyaan tersebut dilontarkan. Dengan kata lain, pertanyaan /who is it?/ digunakan untuk menanyakan (baca: mengidentifikasi) siapa gerangan sebenarnya. Bila kita terjemahkan secara bebas, maka kalimat /who is it/ bisa diartikan: "siapa itu?". Dapat pula kita mengatakan: "Who is that?" atau "Who is this?". Bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut bilamana, ternyata, misalnya yang mengetuk pintu itu adalah teman anda, Tommy. Maka Tommy akan menjawab: "It's me, Tommy" (Ini aku, Tommy). Kalimat /it's me, Tommy/ juga dalam bentuk Impersonal "It".
    .
    Dari contoh tersebut, kita dapat memahami bahwa kata "it" pada contoh kalimat /who is it/ tidaklah mengacu secara khusus pada manusia, tapi justru global, bisa apa saja. Inilah apa yang kami maksud dengan "impersonal" atau "tidak berhubungan dengan orang".
    .
  3. Impersonal "IT" digunakan untuk menyatakan/menanyakan Waktu.

    Selanjutnya adalah bahwa Impersonal "It" digunakan untuk menyatakan atau menanyakan waktu.
    .
    Contoh:
    What time is it? (Jam berapa sekarang?).
    .
  4. Impersonal "IT" digunakan untuk menyatakan Jarak.

    Contoh:
    It's 10 kilometers.
    .
    Bila diperhatikan, maka kemungkinan pertanyaan dari jawaban contoh kalimat diatas adalah:
    "How far is it to the Museum?"
    (Seberapa jauhkah ke Museum?)

    Dalam contoh ini, pertanyaan /how far is it?/ mengacu pada jarak (distance).
    .
  5. Impersonal "IT" digunakan untuk menyatakan Cuaca/Iklim.

    Contoh:
    It's raining today.
    .
    Seperti yang telah dijelaskan diatas, kata /It/ pada contoh kalimat /It's raining today/ mengacu pada cuaca yang terjadi saat itu. Jadi, /it/ tidak mengacu pada /today/.
    .

Contoh Kalimat yang mengandung Impersonal "It"

Untuk lebih jelas didalam memastikan apakah kalimat tertentu mengandung Impersonal "It", perhatikan contoh Impersonal "It" berikut ini:

It's not good for me to argue.
(Tidak baik bagi saya untuk berdebat).

It's very easy to do that!
(mudah sekali melakukan itu!)

It is a matter of taste!
(Hanya masalah cita rasa saja!).

Dari contoh-contoh diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa kata "It" pada impersonal "It" sangat berbeda dengan "It" pada contoh berikut ini yang berperan sebagai subject dari sebuah kalimat bahasa inggris.

(Situasi: ..... berencana membeli mobil baru dan sekarang sudah berada di dealer mobil terdekat.)

Andi: I think BMW is the best choice, right?
Tina: Well, It's too expensive. It costs a lot.

Pada contoh dialog bahasa inggris diatas, kalimat /it costs a lot/ yang mengandung "It" tersebut mengacu pada mobil BMW. Dengan kata lain, "It" pada kalimat itu adalah kata ganti (Subjective pronoun) dari Mobil BMW yang akan dibeli. Sama halnya dengan "It" pada kalimat /It's too expensive/. Bila ditanyakan; "Apa yang Expensive? maka jawabannya jelas yaitu "Mobil BMW". Itu berarti kata "It" pada contoh kalimat diatas berkedudukan sebagai Subject murni berupa kata ganti dari "mobil bmw" yang berbeda sama sekali dengan "It" pada impersonal "It".

Please Leave a Comment

Newer Post ~ Baca Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan Sebelumnya
Beranda pelg-grammar


Materi Bahasa Inggris Populer

Get the latest English Lessons for free!