Parallel Structure

Grammar Bahasa Inggris By Neth Herman

Apa itu Parallel Structure? Parallel structure adalah bentuk berfungsinya conjunction (kata penghubung) untuk menghubungkan kata satu dengan kata lainnya, atau prase (phrase) dengan phrase yang lainnya - sejenis - dalam 1 (satu) susunan kalimat utuh. 

Persamaan yang bagaimana yang dimaksud dalam parallel structure?
Persamaan kata/phrase yang dimaksud bukan berarti kata satu dan lainnya sama persis. Persamaan tersebut harus identik dalam hal bentuk dan susunannya, yaitu:

  • Sama posisi/kedudukan kata tersebut
    Jadi, bila kata yang akan dihubungkan itu berkedudukan di subject, maka parallel structure juga harus berlaku di posisi subject.
  • Sama bentuk dan jenisnya.
    Contoh:
    kata benda dengan kata benda atau kata benda dengan phrases; bisa juga kata kerja dengan kata kerja. (bila kata kerja yang digunakan berupa verb-ing maka kata lain itu harus berupa verb-ing, bila to-infinitive maka yang lain harus berupa to-infinitive juga, dsb.

Adapun jenis kata yang bisa dihubungkan (selain phrase) adalah:


Lebih lanjut, parallel structure adalah aspek grammatical yang bersifat mempersingkat atau cara menghindari penulisan/pengucapan atas kata/phrase sejenis yang berulang-ulang.

Untuk memahami parallel structure, kita harus memahami dan menguasai determiner bahasa inggris (English Determiner). Dengan menggunakan determiner sebagai alat analisis kata, prase dan kalimat - kita akan mengetahui - kata/phrase yang manakah - yang harus di-parallel-kan.
Contoh:

I have a book. I have a pen.

Dari kedua contoh kalimat diatas; /I have a book/ dan /I have a pen/ kita melihat bahwa ada 2 kata yang sejenis yaitu:

/a book/ dan /a pen/

Masing-masing keduanya sama-sama berupa kata benda (noun), sama kata kerja (verb) dan sama subject(subjective pronoun)-nya sehingga, dapatlah kita "memperpendek" kedua kalimat itu menjadi satu kalimat utuh yang memberi informasi (baca: makna) yang sama dan jelas, sbb:

I have a book and a pen.

Pada contoh penggabungan ini kita menggunakan kata penghubung (conjunction) berupa: /and/ oleh karena kata penghubung /and/ berfungsi untuk menghubungkan dua kata, phrase atau kalimat atau lebih yang sama konteks (situasi & kondisi) dan identik. Bentuk penggabungan tersebut dari 2 kalimat menjadi 1 kalimat dan tidak merubah makna (baca:maksud) itulah yang disebut sebagai Parallel Structure.

Melalui contoh kalimat bahasa inggris yang mengandung unsur /and/ diatas, kita juga dapat menggunakan kata penghubung lainnya, seperti;

and, or, but.


Lebih Rinci Mengenai Parallel Structure

Parallel structure diatas adalah bentuk sederhana atau simple parallel structure. Ada banyak bahasan mengenai parallel structure ini termasuk bahasan mengenai correlative conjunction yang akan kita bahas dipertemuan selanjutnya.

Perhatikan contoh kalimat berikut untuk pendalaman materi mengenai parallel structure ini~!

Contoh:
Miss Dillah and I are falling in love.
(conjunction /and/ menghubungkan kata benda /miss dillah/ dan subjective pronoun /I/)

I buy two apples and a mango.
(conjunction /and/ menghubungkan prase kata benda /two apples/ dan /a mango/)

He likes reading and writing.
(conjunction /and/ menghubungkan kata benda dalam bentuk gerund /reading/ dan /writing/)

She wants to sing and to dance.(conjunction /and/ menghubungkan kata kerja to infinitive /to sing/ dan /to dance/)
Catatan:
Oleh karena kata kerja /sing/ didahului oleh preposisi /to/ sebagai ciri khas kata kerja to infinitive, maka setelah conjunction /and/, kita harus menggunakan kata kerja yang sama yaitu to infinitive /to dance/.

Contoh dengan menggunakan conjunction lain, misalnya: /but/ dan /or/:

He is lazy but smart.
(Dia pemalas tapi pandai).
Keterangan:
Conjunction /but/ menghubungkan kata sifat (adjective) dengan kata sifat lainnya yakni berupa: /lazy/ dan /smart/. Ingat bahwa, conjunction /but/ digunakan untuk memisahkan antara kata satu yang mengandung makna negatif dengan makna positif atau sebaliknya.

Which one do you like best, playing badminton or golf?
Keterangan:
Kalimat ini menghubungkan kesukaan dalam hal permainan /playing/ yakni: /badminton/ atau /golf/ dalam bentuk pertanyaan pilihan (which). Kedua kata tersebut /badminton/ dan /golf/ sama-sama berupa kata benda (noun).



2 kata atau lebih dalam Parallel Structure

Selain uraian diatas, kita juga dapat menghubungkan lebih dari 2 kata secara parallel.
Contoh:
He loves reading, writing and speaking.

Contoh diatas menggabungkan 3 kesukaan berupa: /reading/, /writing/ dan /speaking/ yang berjenis gerund dalam 1 kalimat diposisi Object (yakni setelah kata kerja /loves/). Kalimat utuh tersebut berasal dari 3 kalimat yang identik/sama dalam kriteria pembentukkan parallel structure diatas yakni:

He loves reading.
He loves writing.
He loves speaking.

Dapat pula menambahkan object dari kegiatan tersebut, misalnya obyek kegiatan itu berupa "Bahasa Inggris":
He loves reading, writing and speaking English.

Kalimat diatas berasal dari 3 kalimat yang identik berikut ini:

He loves reading English.
He loves writing English.
He loves speaking English.

Catatan:
Bila ada 3 bahasa yang berbeda, maka wajib mencantumkan nama dari Bahasa Asing tersebut.

Misalnya:
He loves reading English, writing Arabic and speaking German.

Kesimpulan:
Dari keseluruhan penjelasan diatas, intinya, persamaan yang ada dalam parallel structure tersebut harus sama/identik baik dalam structure, jenis dan posisinya dalam kalimat.