SKIP TO MAIN CONTENT
www.pelggrammar.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Pelg-Grammar: Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan
date: 4/28/2016

Gerund VS Present Participle

Belajar Bahasa Inggris Grammar & Conversation Lengkap

Ringkasan Materi Bahasa Inggris
Gerund berbeda dengan present participle dalam hal; kedudukan dan fungsinya sebagai unsur kalimat bahasa inggris.
Struktur kalimat (baca: pola kalimat) bahasa inggris yang diatur dalam grammar bahasa inggris itu banyak sekali dan tidak sedikit pula yang memiliki persamaan dalam hal bentuk susunan dan pembentukkan kata-kata sebagai unsur pembangun kalimatnya - salah satunya adalah bentuk kata dari Gerund dan Present participle secara FISIK sama, tapi (perbedaannya adalah) berbeda: kedudukan dan fugsinya dalam membangun sebuah kalimat.

Seperti bahasan yang lalu mengenai bagaimana "Memahami Gerund dalam Bahasa Inggris" dan "Pengenalan Present Participle Bahasa Inggris" telah disinggung bahwa adanya persamaan bentuk fisik (baca: Morphology) dari keduanya akan tetapi mereka tidaklah sama. Banyak pembelajar grammar bahasa inggris kita selalu terpaku pada rumus dan unsur-unsur rumus-rumus bahasa inggris, semisal: verb-ing.


Istilah "verb-ing" memang cara termudah didalam menghapal bentuk kata dan rumus bahasa inggris. Tapi sifat hapalan hanya terbatas pada konsep struktur dan sangat lemah dalam pengembangannya dan itu artinya; pada saat kita hendak mempelajari pola kalimat lain yang lebih kompleks, sifat hapalan aka tidak ada gunanya sama sekali - khususnya pada saat kita hendak menganalisa prilaku sebuah kata atas fungsinya dalam sebuah pola kalimat bahasa inggris. Hapalan akan efektif bila object hapalan adalah kosakata bahasa inggris (English Vocabulary).



Perbedaan Antara Gerund dan Present Participle

Mengapa harus present participle? oleh karena tidak ada bentuk lain yang dapat disetarakan dengan present participle yang memiliki bentuk kata yang sama dengan gerund yakni sama-sama berbentuk "verb-ing".

Perbedaan pokok keduanya adalah sebagai berikut:

  1. Gerund memiliki kedudukan dan fungsi sebagai kata benda (noun) dalam pola kalimat gerund.
  2. Present participle memiliki kedudukan dan fungsi sebagai kata kerja (murni verb) dalam pola kalimat yang mengandung present participle (khususnya dalam pola Tenses yang mengandung "Continuous"/"Progressive".

Contoh Kasus: Gerund & Present Participle

(i) My hobby is swimming.
(ii) I am swimming.

Bila diterjamahkan secara bebas, kedua contoh kalimat diatas adalah:


My hobby is swimming (Hobi saya berenang).
I am swimming. (Saya sedang berenang).



Pada contoh kasus kalimat (i), kalimat /my hobby is swimming/ memiliki tujuan untuk sekedar memberi informasi kepada orang lain mengenai /hobby saya/ atau /my hobby/. Dalam hal ini, kalimat /my hobby is swimming/ tidaklah mengandung adanya unsur kerja atau kegiatan yang sedang dilakukan/berlangsung. Intinya, hanya memberi informasi mengenai hobby. Oleh karena tidak adanya unsur kerja/kegiatan yang sedang berlangsung didalamnya, maka kata /swimming/ dalam kalimat /my hobby is swimming/ adalah gerund atau kata benda dan bukan kata kerja.

Pada contoh kalimat kedua (ii), kalimat /I am swimming/ jelas mengandung kegiatan yang sedang berlangsung atau sedang dilakukan. Intinya, ada unsur kerja (baca: kata kerja) didalamnya (lihat bahasan mengenai present continuous tense untuk contoh gambaran mengenai "kegiatan yang sedang berlangsung").


Contoh Kasus Lainnya:

(i) walking stick
(ii) singing bird



Kedua contoh diatas adalah dalam bentuk prase (phrase). Kedua phrase tersebut - yang jelas - bukanlah kalimat, tapi dapat menjadi salah satu unsur dalam sebuah bangunan kalimat.

Contoh:
The old man uses a walking stick.
I'm listening to a singing bird.

Bila kita terjemahkan secara bebas, masing-masing kalimat itu menjadi:

Orang tua itu menggunakan sebuah tongkat (yang berguna untuk berjalan).
Saya sedang mendengarkan seekor burung yang sedang bernyanyi.


Contoh bentuk prase gerund dan present participle lainnya. (dan, cobalah untuk memastikan mana yang memiliki unsur gerund dan mana yang present participle - kemudian cocokan dengan jawaban yang ada dibaris akhir halaman ini. Selanjutnya, kirimkan alasan anda mengapa gerund dan mengapa present participle ke: jean.rasyid@gmail.com)

sewing machine.
cooking jar.
climbing equipment.
dancing doll.
cutting tool.
walking child.
flying kite.


Dari kedua contoh tersebut nyatalah bahwa, phrase berbentuk gerund akan mengandung makna "untuk" sedangkan phrase berbentuk present participle lebih cenderung memiliki makna "sedang".

Dari kedua contoh kasus diatas kita dapat menyimpulkan bahwa kedudukan gerund pada sebuah kalimat pembentuknya adalah sebagai Kata Benda (Noun) dan tidak memiliki unsur kerja tau kegiatan/pekerjaan yag sedang dilakukan didalamnya dan inilah yang membedakannya denga present participle yang mengandung makna /.................. sedang ............./ didalamnya.

Pada dasarnya, present participle memiliki ulasan tersendiri yaitu "Participle". Dalam hal ini participle dalam bahasa inggris terbagi atas 2 bentuk:

  1. Present Participle
  2. Past Participle

Present participle memiliki bentuk /verb-ing/. Sedangkan past participle adalah nama lain dari kata kerja bentuk ketiga (verb-III) atau kata kerja yang sering digunakan dalam tenses berbentuk perfect tense.

Dibedakannya present participle dengan gerund tiada lain dikarenakan bentuk fisiknya yang sama yaitu sama-sama berbentuk /verb-ing/ walaupun sebenarnya, kedua jenis /verb-ing/ dalam bahasan ini sama sekali berbeda dan bukanlah aspek yang harus dibedakan.
Adanya kecenderungan untuk membedakan gerund dan present participle tiada lain dikarenakan karena pembelajar grammar bahasa inggris kita cenderung untuk menguasai rumus pola kalimat bahasa inggris ketimbang menganalisis bagaimana pola kalimat itu terbentuk.


________________



Jawaban:
sewing machine: gerund
cooking jar: gerund
climbing equipment: gerund
dancing doll: present participle
cutting tool: gerund
walking child: present participle
flying kite: present participle

Please Leave a Comment

Newer Post ~ Baca Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan Sebelumnya
Beranda pelg-grammar


Materi Bahasa Inggris Populer

Get the latest English Lessons for free!