SKIP TO MAIN CONTENT
www.pelggrammar.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Pelg-Grammar: Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan
date: 3/30/2016

Mengenal Main Clause dan Sub Clause

Belajar Bahasa Inggris Grammar & Conversation Lengkap

Ringkasan Materi Bahasa Inggris
Apa itu Main Clause dan Sub Clause? Mari kita bahas secara rinci dan tuntas!
Edisi Tips & Tutorial
Clause atau Klausa adalah nama lain dari Sentence (Kalimat). Dengan kata lain, klausa itu ya kalimat. Lalu, apa itu Main Clause dan Sub Clause? Mari kita bahas secara rinci dan tuntas!

Main Clause

Main clause artinya klausa utama atau induk kalimat. Bisa juga diartikan sebagai kalimat inti/utama. Disebut demikian karena memenuhi kriteria (baca:syarat) menjadi sebuah kalimat utuh, yakni: lengkapnya unsur pembangun kalimat yang ada dalam kalimat tersebut. Dikarenakan main clause memiliki kelengkapan dalam hal unsur pembangun kalimat inti, maka main clause bersifat Independent (atau, dapat berdiri sendiri dan tidak ketergantungan dengan klausa lainnya) sehingga main clause disebut juga sebagai Independent Clause (Klausa bebas).

Adapun unsur pembangun kalimat utama (main clause), minimum,  yaitu:

1 buah subject dan 1 buah verb (baik lexical verb ataupun structural verb).

Sehingga berbentuk:

Subject + Lexical Verb

atau,

Subject + Structural Verb

Contoh:
I have a pen.
I am a student.

Unsur pembangun kalimat utama dari kedua contoh kalimat bahasa inggris diatas adalah:
/I have/
/I am/
.

Sub Clause

Sub clause sebenarnya adalah main clause itu sendiri, bedanya: sub clause sering menggunakan conjunction (kata penghubung) sehingga membuatnya menjadi sub clause.

Contoh:
Before he writes the text,

Kata /before/ adalah bentuk conjunction yang digunakan bersamaan dengan kalimat utamanya yaitu /he writes the text,/.  Kalimat tersebut tidaklah lengkap. Mengapa? karena harus ditambah dengan kalimat lain yang berkaitan dengannya. Bila kalimat tersebut diatas digunakan dalam pembicaraan (baca:conversation) akan terlihat "ngambang" atau dengan kata lain, apa yang terjadi sebelum dia menulis teks tersebut (what happens before he writes the text?).

Maknanya akan menjadi lengkap manakala ditambah klausa/kalimat lainnya.
Contoh:

Before he writes the text, he asks a question.
(Sebelum dia menulis teks tersebut, dia bertanya terlebih dahulu).

Disini kita dapat melihat bahwa, bila kalimatnya hanya berupa /before he writes the text/ dan tidak ada kalimat setelah atau sesudahnya, maka kalimat itu menjadi "tidak lengkap" atau "ngambang" sehingga tidak dapat berdiri sendiri seperti halnya pada main clause.

Oleh karena sifatnya yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat utama - karena adanya conjunction tersebut - maka, sub clause ini disebut juga dengan Dependent Clause (atau, klausa ketergantungan) yang berarti bergantung pada kalimat lain (yaitu; kalimat utama/main clause/induk kalimat).


Susunan Klausa dalam Bahasa Inggris


Main clause + sub clause


atau,

Sub clause + main clause


Tambahan Informasi:
Materi ini akan sangat berguna saat anda nanti belajar grammar bahasa inggris mengenai: adjective clause, adverbial clauses atau noun clause. Bentuk klausa lain adalah dalam bahasan Conditional Sentence (type 1,2 atau 3) dibahasan yang lalu dimana digunakannya conjunction berupa IF sebagai pembentuk sub clause.

Please Leave a Comment

Newer Post ~ Baca Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan Sebelumnya
Beranda pelg-grammar


Materi Bahasa Inggris Populer

Get the latest English Lessons for free!