SKIP TO MAIN CONTENT
www.pelggrammar.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Pelg-Grammar: Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan
date: 2/24/2016

Permasalahan Seputar Istilah Verb-Ing dan Present Participle

Belajar Bahasa Inggris Grammar & Conversation Lengkap

Ringkasan Materi Bahasa Inggris
Perbedaan penggunaan istilah verb-ing, ing form verb, ing dan present participle serta permasalahannya dalam Grammar Bahasa Inggris
Banyak istilah yang digunakan dan berlaku dalam Grammar Bahasa Inggris. Sebuah kata dapat memberikan fungsi/kedudukan dan makna (Definition/Meaning) yang berbeda. (Kamus yang mendukung untuk melihat fungsi dan makna kata, misalnya, kamus keluaran Oxford).


Kedudukan dan Fungsi Kata dalam Bahasa Inggris

Misalnya:

work
dibaca: /'w3(r)k/
fungsi/kedudukan:
  1. Sebagai Verb/Kata Kerja: Bekerja, kerja
  2. Sebagai Noun/Kata Benda: Karya, kerjaan, pekerjaan, tugas
Contoh penggunaan:

I work 7 hours a day. (Saya bekerja 7 jam sehari.)
It's my work. (Itu karya saya).

Pada contoh kalimat pertama, [work] menempati posisi dan berfungsi sebagai kata kerja lexical. Sedangkan kalimat kedua menempati posisi complement dan berbentuk kata benda.
Dengan contoh diatas, perbedaan keduanya bukan terletak pada "dimana mereka diletakkan", tapi lebih mengarah pada status asal usulnya secara lexicon (kekamusan). Dengan kata lain, kata [work] bisa ditempatkan dimanapun dalam susunan kalimat dan itu tergantung pada bagaimana anda memahami fungsi/kedudukan kata itu sesuai aspek kekamusan. Jadi, bila sebagai kata kerja, maka selayaknya diletakkan setelah/dibelakang subject, begitupun bila statusnya kata benda - maka bisa diletakkan diposisi subject, object atau complement.


Istilah Verb-ing, Ing form verb, Kata Kerja Bentuk Ing, dan Present Participle


Istilah [ing] identik dengan kata kerja bentuk -ing atau verb-ing, atau Ing form verb. Bila anda menggunakan istilah ini maka, anda akan sulit memahami pola kalimat bahasa inggris yang lain, seperti; fungsi dan kedudukan -ing dalam pola kalimat continuous/progressive tense, phrase dan gerund.

Contoh:
  • -ing didalam pola kalimat Continuous Tense

    Contoh: I am listening to the song.

    Dalam contoh ini, ada proses kerja yang dikandung oleh: be + listening (be + verb-ing).
  • -ing dalam bentuk Phrase (prase)

    Contoh: Sleeping child.

    [sleeping child] mengandung kegiatan (kerja) yang sedang terjadi disuatu waktu dan menduduki posisi prase; verb-ing + noun. Kata kerja [sleeping] berubah menjadi kata sifat (adjective) yang berguna untuk menerangkan (keadaan) dari kata benda [child]. Jadi, [sleeping] bukan lagi kata kerja, tetapi telah berubah fungsi sebagai kata sifat - khusus dalam pola phrase.
  • -ing berbentuk Gerund

    Contoh: He likes swimming.

    Kata kerja [swimming] menempati posisi object dari kata kerja [likes] dan berfungsi sebagai kata benda (jadi, tidak lagi berstatus sebagai kata kerja).

Dan anda akan menemukan contoh kasus yang sangat banyak dan berbeda bentuk satu sama lain. Akan tetapi, dalam hal ini, kami ingin memastikan bahwa permasalahan -ing dalam bahasa inggris hanya seputar ketiga hal tersebut diatas.

Lalu, Apa itu Present Participle?

Present Participle adalah kata kerja bentuk -ing atau verb-ing atau Ing form verb. Sekali lagi, istilah verb-ing, ing form verb atau kata kerja bentuk -ing hanya sebatas "Istilah" dan tidak merambah ke status aslinya sebagai present participle. Memahami present particple dalam wujud istilah "verb-ing", "ing form verb" atau "kata kerja bentuk ing" INILAH yang menjadi dasar kesulitan kita didalam memahami struktur/grammar bahasa inggris.

Bahasa Inggris hanya mengenal 2 bentuk -ing:

1. Present Participle,
2. Gerund.

Perbedaan keduanya sudah jelas, yakni:
1). Present particple adalah bentuk kata kerja.
2). Gerund adalah bentuk kata benda, ...................................... walaupun keduanya sama-sama 'berbentuk/berwujud' -Ing.

Dengan menjadikan present participle dan gerund sebagai bentuk -ing dalam bahasa inggris, anda akan lebih mempersempit area kesulitan seputar istilah "verb-ing".


Please Leave a Comment

Newer Post ~ Baca Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan Sebelumnya
Beranda pelg-grammar


Materi Bahasa Inggris Populer

Get the latest English Lessons for free!