SKIP TO MAIN CONTENT
www.pelggrammar.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Pelg-Grammar: Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan
date: 1/18/2016

Memahami Posisi Kata Sifat Adjective

Belajar Bahasa Inggris Grammar & Conversation Lengkap

Ringkasan Materi Bahasa Inggris
Mengenal dan Memahami Posisi dan Kedudukan Kata Sifat - Adjective - dalam sebuah pola kalimat bahasa inggris
Kata Sifat (Adjective) merupakan salah satu anggota Part Of Speech dalam Bahasa Inggris dan sering sekali digunakan dalam kalimat-kalimat bahasa inggris. Secara definitif, Adjective adalah sifat yang dimiliki oleh setiap kata benda. Misalnya, kucing memiliki sifat: lembut (soft), baik (kind), kejam (cruel), dsb. Begitu juga sifat-sifat yang dikandung oleh manusia, makhluk lain, benda mati, tumbuh-tumbuhan dan sebagainya.
Intinya adalah:

Kata Sifat/Adjective adalah sifatnya dari Kata Benda/Noun.

Yang menjadi pertanyaan adalah: Dimana posisi/kedudukan adjective itu dalam sebuah pola Kalimat bahasa inggris?. Disini kita akan mengenal lebih jauh mengenai kata sifat dalam hal posisinya dalam sebuah kalimat.

Fungsi Adjectives (Kata Sifat)

Untuk memahaminya perhatikan contoh penggunaan Adjective dibawah ini:

Mulia is a pretty girl.
She is pretty.
How pretty she is.
He makes me pretty.

Pretty salah satu bentuk kata sifat yang artinya: Cantik. Kata "Cantik" adalah sifat manusia, yang juga dapat digunakan untuk menyatakan makhluk lain, benda, menyatakan tingkat  atau sesuatu hal sbb:

It is my pretty doll. (Ini adalah bonekaku yang cantik)
I'm pretty well, thank you. (Saya sangat sangat sehat, terimakasih), dsb.

Melihat contoh-cntoh diatas, kita melihat bahwa kata sifat "pretty" digandengkan dengan kata benda (Noun) berupa; [Girl] dan [Doll]. Bila kata sifat [pretty] kita hilangkan, hanya akan ada:

Mulia is a girl.
It is my doll.

Kedua kalimat diatas tidak memiliki informasi lebih mengenai [mulia] dan [doll]. Bila adjective [pretty] diletakkan dalam kalimat tersebut, maka adjective [pretty] akan memberikan informasi lebih mengenai kata benda (noun) yang mengikutinya. Dengan kata lain, Adjective berguna untuk memberikan informasi lebih, informasi tambahan atas kata benda yang mengikutinya, atau - Adjective berguna untuk menerangkan Noun yang mengikutinya.

"Adjective is a modifier of a Noun".

Posisi & Kedudukan Kata Sifat

  1. Adjective diletakkan sebagai Complement (pelengkap).
  2. Adjective diletakkan didepan kata benda (Noun).

Ad.1 Adjective diletakkan sebagai Complement atau Pelengkap

Dalam sebuah pola kalimat bahasa inggris, Adjective memiliki kedudukan sebagai pelengkap atau Complement.
Contoh:
Pada contoh kalimat pertama. Adjective diletakkan setelah kata kerja structural. Ingat! Kata kerja structural adalah kata kerja dalam bentuk BE - termasuk Linking Verb. Posisi adjective dalam pola kalimat seperti ini berkedudukan sebagai complement atau pelengkap - bukan object! Tidak pernah ada Adjective berkedudukan sebagai Object dalam semua struktur kalimat bahasa inggris!

Untuk memahaminya, perhatikan dan pahami pola complement berikut ini:

Structural Verb + Adjective

Lexical Verb + Adjective


Ad.2 Adjective diletakkan didepan kata benda (Noun)

Kata sifat (Adjective) juga diletakkan didepan kata benda secara langsung dalam rangka membentuk Prase Kata Benda (Noun Phrase).
Contoh:
Stupid student
Smart girl
Easy quiz, dsb
Bila diletakkan dalam kalimat bahasa inggris akan berupa sbb:

I'm not a stupid student.
The smart girl enters the classroom quickly.
It's an easy quiz to follow.

Pada contoh diatas, kalimat [I'm not a stupid student] mengandung noun phrase [stupid student] yang didalamnya ada adjective. Hal ini sama halnya dengan pola kalimat [It's an easy quiz to follow.]. Pada contoh [The smart girl enters the classroom quickly] mendudukkan noun phrase (yang didalamnya ada kata sifat: smart) diposisi subject atau didepan kata kerja [enters].

Memperhatikan contoh-contoh diatas, kedudukan atau posisi adjective dalam suatu kalimat mesti berada dalam dua hal; sebagai complement atau dalam prase kata benda.


Please Leave a Comment

Newer Post ~ Baca Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan Sebelumnya
Beranda pelg-grammar


Materi Bahasa Inggris Populer

Get the latest English Lessons for free!