Mengenal Apa Itu "Determiner"

Grammar Bahasa Inggris By Neth Herman

Mengenal, memahami definisi dan kegunaan Determiner Bahasa Inggris itu sangat penting. Dengan memahami kedudukan dan fungsinya dalam sebuah pola kalimat, akan lebih memudahkan kita memahami materi bahasa inggris lainnya secara keseluruhan dan mendalam. Secara harfiah, determiner berarti: penunjuk, penentu atau penanda. Dalam bahasan bahasa inggris kita mengenal determiner sebagai "Penanda".

Kedudukan Determiner Bahasa Inggris

Bahasa Inggris memiliki banyak determiner. Determiner, pada dasarnya, berada diluar bahasan Bahasa Inggris pokok seperti Tenses, Conditional Sentence, Verbal Sentence, dsb.  Umumnya, determiner dikenal sebagai bentuk kata tunjuk seperti: that/those dan this/these.  Berikut ini, yang termasuk dengan determiner menurut kaidah grammar bahasa inggris, adalah:


Demonstratives: this, that, these, those
Definite article : the
Indefinite articles : a, an
Quantifiers : a few, a little, much, many, a lot of, most, some, any, enough
Distributives : all, both, half, either, neither, each, every
Difference words : other, another
Pronouns and possessive determiners : my, your, his, her, its, our, their
Numbers : one, ten, thirty
Pre-determiners : such, what, rather, quite

(taken from: http://www.edufind.com/english-grammar/determiners/)


Akan tetapi, determiner dalam blog ini sedikit berbeda karena merupakan hasil analisis oleh Penulis blog pelg-grammar.blogspot.com setelah berkecimpung di dunia ketatabahasaan bahasa inggris, membuka kursus bahasa inggris hingga studi mengenai sociolinguistik yang akhirnya diperoleh kesimpulan bahwasanya mengenal dan memahami determiner bahasa inggris akan memudahkan kita untuk memahami pelajaran bahasa inggris lainnya secara komprehensif.

Oleh karena fungsinya sebagai penanda (indicator), determiner "ditafsirkan secara umum" oleh pelg-grammar dan digunakan untuk mengetahui bentuk-bentuk, jenis, kedudukan, fungsi dan status sebuah kata, prase, kalimat atau klausa yang membentuknya - sederhananya adalah: penanda, ciri-ciri atau penunjuk - dalam rangka menganalisa status, kedudukan dan fungsi sebuah kata/prase dalam kalimat bahasa inggris.

Contoh:
small car.

Untuk contoh ini, mari kita bahasa sejenak.
Small (diterjemahkan: "kecil") adalah kata sifat. Dikatakan demikian karena (kedudukannya) mensifati (adjectival) sesuatu atau dengan kata lain, (berstatus) memberi informasi unik (informer), atau (berfungsi) menerangkan (modifier) suatu hal. Lalu, Apa "sesuatu" atau "suatu hal itu"?, mari kita perhatikan...

Bila kita terjemahkan ke bahasa indonesia, [small car] artinya: mobil kecil. Bila ditanya "apa yang kecil?" maka jawabnya adalah: "Mobil".
Bila [kecil] adalah bentuk kata sifat (Adjective), maka [mobil] adalah kata benda (Noun). Dengan demikian, digunakannya kata sifat [kecil] dalam contoh prase diatas mengandung maksud (fungsi): memberi informasi pada kita mengenai karakter mobil itu. Atau, dengan kata lain, kecil -> menerangkan -> mobil.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa: -

Adjective adalah Modifier of A Noun.


Dengan demikian kita AKHIRNYA mengetahui bahwa kata sifat (adjective) termasuk jenis Determiner/Indicator atau Penanda dari kata benda (noun).

Adjective + Noun

Bila kita sudah mendapatkan kesimpulan bahwa salah satu fungsi kata sifat yaitu menerangkan kata benda, maka adalah sulit diterima atau mustahil bila kata sifat digunakan untuk menerangkan kata lain, semisal, kata sifat lainnya.

Contoh:
small new.

Pada contoh diatas, tidak diketahui apa yang dimaksud dengan [small] dan apa maksudnya[new]. Bentuk penggunaan kata sifat pada contoh diatas bersifat "ngambang" , tidak jelas dan keliru. Hal ini karena fungsi kata sifat itu sendiri untuk menerangkan kata benda. Jadi, jika kata sifat digunakan untuk menerangkan kata sifat lainnya maka tidaklah dapat diterima.

Bagaimana dengan kata kerja? Apakah kata sifat bisa di-"gandeng" bersamaan dengan kata kerja (Verb).

Contoh:
small swim. (Salah/Keliru).

Dengan contoh-contoh diatas dan beberapa perbandingan penggunaan kata lain pada kata sifat diatas membuat kita masuk pada akhir klimaks kesimpulan (teori) bahwa:

"Bila ada kata lain diletakkan dibelakang kata sifat maka kata itu PASTI kata benda."

Contoh:
small work.

Kita mengetahui bahwa [work] adalah bentuk kata kerja. Akan tetapi, kita terkejut setelah menemukan beberapa orang berkomunikasi dalam bahasa inggris ternyata menggunakan kata kerja [work] dibelakang kata sifat semisal contoh diatas.

Setelah kita membuka kamus OXFORD Dictionary, kita mendapati bahwa [work] tidak hanya berkedudukan sebagai kata kerja, tetapi juga kata benda yang artinya: karya, pekerjaan, tugas dsb. Sehingga prase [small work] dapat diterjemahkan dengan: "karya kecil". Disini wawasan kita bertambah dengan adanya bentuk-bentuk tersebut diatas melalui pemahaman tentang adanya suatu "determiner".

Nah, sekarang cobalah untuk menganalisis suatu kata atau prase dalam sebuah kalimat. Apakah anda menemukan bentuk determiner lain? Bila anda serius dan terus-menerus menganalisa dengan menggunakan konsep determiner ini, maka saya yakin pengetahuan anda dibidang Grammar Bahasa Inggris akan mendalam dan Pakar!

Untuk artikel kedepannya nanti, penulis akan membahas beberapa bentuk determiner dalam bahasa inggris sebagai pendalaman materi "Mengenal Apa Itu Determiner" halaman ini. Sukses!