SKIP TO MAIN CONTENT
www.pelggrammar.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Pelg-Grammar: Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan
date: 10/12/2015

Tips: Conversation Bagi Pemula

Belajar Bahasa Inggris Grammar & Conversation Lengkap

Ringkasan Materi Bahasa Inggris
Tips Berkomunikasi, berdialog dan Bercakap-cakap dalam bahasa Inggris bagi Pemula
Berkomunikasi dalam bahasa inggris mencakup 2 hal yaitu: dalam bentuk tulisan (writing) dan bercakap-cakap (speaking). Bagi pembelajar bahasa Inggris pemula atau level beginner, hal yang paling sulit adalah Bagaimana Cara Memulai Berdialog Bahasa Inggris. Pertanyaan inilah yang menjadi kendala penulis blog ini pada saat belajar bahasa inggris pertama kali - suatu hal yang membuat kita tidak percaya diri dalam berkomunikasi dalam bahasa inggris. Apa sebenarnya yang membuat kita tidak percaya diri, tidak berani berkata sepatahpun atau ragu-ragu untuk bercakap-cakap dalam bahasa inggris?

Dalam bahasan ini akan kita bahas tuntas agar nantinya anda dapat menerapkan tips yang kami persembahkan bagi anda semua sebagai pembelajar bahasa Asing khususnya bahasa Inggris.

Kendala Bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris

Pada saat kelas VI SD mengadakan study tour ke jawa tengah - ke candi Borobudur, 
mereka tiba-tiba berpapasan dengan 2 orang bule alias orang asing. 
Dalam kasus ini, katakanlah, si Irsyad pernah kursus bahasa Inggris yang ada didesanya. 
Teman-temannya mendesaknya untuk menegur dan
bercakap-cakap dengan orang asing tersebut. 
Akan tetapi, si Irsyad menghindar dan
bilang "Saya gak bisa berbahasa Inggris". 
Padahal, Irsyad adalah murid yang paling terkenal
sebagai murid yang pandai berbahasa inggris (katanya sih :p). 

Bila anda bertanya pada si Andre kenapa dia tidak mau bercakap-cakap dengan orang asing tersebut, maka jawabannya jelas begini: "tidak berani", "takut", "malu", "gak bisa", "gak sanggup" dan sebagainya. Ungkapan tersebut merupakan bentuk ketidakpercayaan pada diri sendiri dan rasa ketidaksiapan dalam penguasaan materi.

Jadi, ada 2 faktor kendala disini:
  1. Bila ia telah dianggap "bisa" dan "layak" untuk melakukan percakapan akan tetapi kurangnya rasa percaya diri.
  2. Bila ia dianggap "tidak bisa" dan "kurang layak" untuk melakukan percakapan karena tidak menguasai bagaimana kalimat yang baik itu termasuk masalah Listening (misalnya: karena turis berbicara atau melafadzkan suatu kata sangat berbeda dengan orang indonesia) bahkan tidak mengerti apa itu kalimat, maka itu artinya dia tidak siap (karena tidak menguasai pembelajaran bahasa inggrisnya).

Bilamana ia tidak memiliki rasa percaya diri, jalan satu-satunya adalah dengan cara mendapatkan pengakuan dari orang-orang terdekatnya dan orang lain khususnya yang menguasai bahasa inggris seperti guru dan instruktur kursusnya. Dan, bilamana ia tidak menguasai materi bahasa inggris dasar untuk memulai tahap percakapan bahasa inggris, maka ia harus intensif lagi mempelajari materi itu agar menguasainya.

Orang yang memiliki rasa percaya yang tinggi tapi "tidak layak" memulai bercakap-cakap dalam bahasa inggris sangatlah jarang terjadi. Setidak-tidaknya, ia telah mendapatkan pengakuan akan "kebisaannya" itu.
Bila ia telah mendapatkan pengakuan akan tetapi ternyata tidak menguasai dan ia menyadari akan hal itu, maka itu akan menjadi bom atom dalam dirinya yang akan terus menuntutnya untuk membuktikan pengakuan itu. Bisa malah berubah menjadi down (mundur dan berhenti belajar), atau bahkan malah lebih giat lagi belajarnya. 

Terlepas dari kedua faktor tersebut, tips berikut ini layak untuk dicoba dan ini telah penulis buktikan sendiri khasiatnya.

Tips Berani Conversation

  1. Pelajarilah bagaimana bentuk dan pola kalimat dasar bahasa inggris itu
  2. Sering-sering menonton Televisi dengan program acara Film Kartun (dari luar negeri yang berbahasa inggris) dan cobalah untuk memahami dengan jelas apa yang diucapkannya dan apa yang tengah mereka bicarakan dalam film itu.
  3. Bercakap-cakaplah dengan orang yang sama sekali tidak bisa berbahasa inggris
  4. Mengajak guru/instruktur anda untuk memulai percakapan dengan orang asing dan memperkenalkan anda dengan orang asing itu sehingga anda akan bisa berkesempatan bercakap-cakap dengannya.
  5. Lakukan Tips dibahasan yang lampau dalam blog ini secara rutin mengenai: Tips memahami kalimat dasar bahasa inggris.

Tidaklah mudah memang untuk "berani" bercakap-cakap dalam bahasa inggris dengan orang asing apabila anda memiliki salah satu atau kedua faktor kendala diatas. Lakukan secara bertahap tapi rutin dan cobalah untuk menghilangkan perasaan bersalah atau "takut salah" dalam memulai percakapan.
Ingat! tidak semua orang asing itu pintar berbahasa inggris. Mereka pun sama seperti kita dan kelak anda akan tau bahwa mereka ternyata memiliki banyak kesalahan dalam kalimat yang mereka utarakan. Selidiki saja. ^_^

Semoga Berhasil

Please Leave a Comment

Newer Post ~ Baca Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan Sebelumnya
Beranda pelg-grammar


Materi Bahasa Inggris Populer

Get the latest English Lessons for free!