Tips Memahami Kalimat Bahasa Inggris

Belajar Grammar Bahasa Inggris | Pelg-grammar By Neth Herman

Bahasa Inggris itu sulit? Sulit Memahami Pelajaran Bahasa Inggris? atau, Apa Kendala Belajar Bahasa Inggris? Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing (Foreign Language) yang paling banyak dipelajari oleh masyarakat Indonesia. Belajar bahasa inggris melalui Kursus Bahasa Inggris terkadang masih sulit memahami Pola-pola Kalimat Bahasa Inggris yang tercantum dalam bahasan Grammar Bahasa Inggris (English Grammar). Banyak pula situs yang membuka peluang bagi pembelajar bahasa inggris di Indonesia untuk belajar bahasa inggris secara Online dan bahkan ada yang real-time dengan fasilitas fitur canggihnya bahkan dapat diakses via Android. Akan tetapi, masih saja mengeluhkan betapa susahnya memahami materi bahasa inggris itu.

"Sebenarnya, apa yang membuat belajar bahasa Inggris itu sulit bagi banyak pembelajar Bahasa Inggris khususnya pembelajar Bahasa Inggris di Indonesia?"

Mari kita bahas sejenak dan dalam kesempatan ini, saya akan membeberkan kendala itu - setelah mengobservasi kemungkinan kendala yang ada dan menganalisisnya sehingga penulis berani memberikan tips-nya kali ini dengan judul: Tips Memahami Pola Kalimat Bahasa Inggris, yang termaktub dalam semua bahasan materi English Grammar.

Setiap bahasa di dunia jelas memiliki keunikan tersendiri dalam bentuk tatanan kebahasaannya, susunan kata dalam membentuk kalimat dan beberapa bentuk fungsi atau kegunaan kata tertentu didalam susunan kalimatnya, pun Bahasa Inggris demikian. Akan tetapi, yang menjadi sorotan atas munculnya keluhan mengapa terasa sulit didalam memahami pola kalimat bahasa inggris itu tiada lain karena kita berpikir negatif bahwa itu bahasa asing, bahasa orang bule dan mesti banyak aturannya sehingga belum apa-apa sudah kalah berperang. Benarkah begitu?
Tapi tidak demikian adanya. Penulis blog pelg-grammar.blogspot.com ini bisa memahami 5 bahasa asing dan sekali lagi tidak terasa sulit mempelajarinya karena telah mendapatkan bagaimana cara memahami tiap bahasa asing itu agar ringan dipelajari dan dapat membedakannya sehingga tidak tertukar :p

Berikut ini adalah fakta mendasar mengapa bahasa inggris itu "terasa sulit" dipelajari:
  1. Dominasi bahasa daerah di Indonesia terhadap kedatangan bahasa Asing.
  2. Penggunaan accent bahasa daerah/ sehari-hari kedalam bahasa inggris.
Mari kita bahas satu demi satu.

Dominasi Bahasa Daerah


Indonesia dengan beraneka ragam budaya dan bahasanya yang berbeda-beda menjadi salah satu faktor yang menyebabkan munculnya "perasaan" akan kesulitan berbahasa asing khususnya bahasa inggris.
Misalnya:
  • Adanya struktur (baca: susunan) kalimat bahasa daerah banyak yang berbeda antara bahasa daerah satu dengan yang lain. Bahasa sunda akan berbeda struktur kalimatnya dengan bahasa jawa tengah, begitu juga aceh, bali, batak, maluku, papua, dsb. Walaupun juga terdapat banyak persamaan.
  • Pembelajar Bahasa Inggris itu tidak pernah keluar daerah lain yang berbeda budaya dan bahasanya atau tidak dan jarang bergaul dengan orang lain daerah yang ada didekat tempat tinggal dan sekitarnya. Dengan menetapnya seseorang dimana bahasa daerahnya digunakan di tempat tinggalnya itu akan membuat pemahaman bahasa lain (khususnya Bahasa Inggris) akan lebih terasa sulitnya, ditambah lagi dengan asumsi sbb:
    .
    "bahasa inggris itu dibalik-balik ya?"
    "koq, antara tulisan ama ngucapinnya beda sih?"
    .
  • Tidak adanya rasa "penting" didalam mempelajarinya dan bahkan beberapa orang mengatakan bahwa belajar bahasa inggris itu berdosa.
Fakta diatas kian menjadi hambatan yang kuat manakala tidak ditemukan teman atau orang-orang disekitar tempat tinggalnya yang menggunakan (atau, setidak-tidaknya praktis berdialog) bahasa inggris dalam kehidupan sehari-harinya dan jarang menonton televisi yang acara/programnya berbahasa inggris, dsb dsb.

Bila demikian keadaannya, maka bahasa daerah akan selalu dan tetap mendominasi kehidupan sehari-harinya dan tidak menutup kemungkinan pembelajar yang baru mengenal bahasa inggris akan menghindar setiap kali ada teman atau orang lain yang membahas atau berbicara dengan menggunakan bahasa inggris.

Penggunaan Accent Bahasa Sehari-hari


Seperti bahasan diatas, dominasi bahasa daerah dengan segala faktor pendukungnya termasuk kendala terbesar. Selain itu, penggunaan accent (baca: logat) dalam kehidupan sehari-hari termasuk penggunaan istilah-istilah bahasa daerah dalam kalimat-kalimat bahasa indonesia yang dilontarkan menjadi hambatan kuat untuk mengenal dan mulai memahami bahasa inggris.
misalnya:
- dia gak kenapa-kenapa to? iya to? bener to?



....... termasuk contoh kalimat berikut ini:

- emangnya gak ada yang tau?
- bilang aja gak bakal ikutan!
- eh, ngapain susah-susah datang kemari?
- perasaan tuh orang gak ngerti kali yee .. emangnya dia doang yang pengin?
- mana ada yang bisa ngejawab kalo nanyanya kek gitu.
liat aja ntar. gak bakal gue temenin sampe kapan aja.
- dsb.

( Pembaca yang budiman, 
ada yang tau bagaimana cara menterjemahkan kalimat-kalimat tersebut?
:p :v - yang ada mesti bingung duluan :p :v lolz. )

Ungkapan "to" adalah ungkapan dari Bahasa Jawa (magelang, jogja dan sekitarnya). Dialek dengan ungkapan ini sering kita dengar dimanapun dan dikesempatan apapun sehingga seakan-akan ungkapan tersebut seakan-akan memang sudah menjadi salah satu ungkapan dalam Kaidah kebahasaan bahasa Indonesia. Padahal tidak demikian (walaupun suatu saat bisa terjadi :p bilamana hampir - 90% - orang Indonesia dari berbagai daerah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari dalam kurun waktu tertentu).

Selentingan itu terlihat sepele dan tidak penting, akan tetapi selentingan sederhana itu justru "memperkokoh" dominasi bahasa daerah dan salah satu bentuk doktrinasi dalam aspek kebahasaan - atau, yang saya sebut dengan "Language Doctrine".
Inilah penyebab utama mengapa kita -- ketika dihadapkan dengan bahasa asing seperti bahasa Inggris ini menjadi merasa bahwa bahasa inggris itu memang sedemikian kompleks dan rumit.

"Selentingan itu terlihat sepele dan tidak penting, akan tetapi selentingan sederhana itu justru memperkokoh dominasi bahasa daerah dan salah satu bentuk doktrinasi dalam aspek kebahasaan - atau, yang saya sebut dengan Language Doctrine "


Solusi:

Tips Memahami Kalimat Bahasa Inggris


Menyimak bahasan mengenai kendala-kendala diatas, menjadi jelas bahwa itulah faktor-faktor utama yang membuat belajar bahasa inggris itu sulit.
Bila sudah demikian keadaannya, tips berikut ini patut untuk dicoba oleh karena telah banyak terbukti dari siswa bahasa inggris saya yang berasal dari banyak daerah dan suku yang berbeda telah berhasil memahami bahasa inggris itu.

  1. Biasakanlah (setiap hari bila perlu dan setiap kesempatan bila ada) membaca atau mengucapkan (baca: melafadzkan) kata-kata bahasa inggris dengan suara yang agak keras dan jelas - jadi jangan pernah dalam hati. Ucapkanlah sesuai English Pronunciation (baca: tekhnik pelafadzan kata-kata bahasa inggris dengan benar). Jadi, belilah kamus Bahasa Inggris terlebih dahulu. Saran saya, belilah 2 kamus:
    .
    1. Kamus Inggris Indonesia
    2. Kamus Oxford (Oxford Dictionary) yang tidak ada bahasa indonesianya.
      .
  2.  Biasakanlah membaca 1 kalimat atau lebih dengan ketentuan tahapan membaca sebagai berikut:
    1. Membaca dengan pelan dan jelas - kata demi kata - hingga pas betul dengan cara melafadzkan kata-kata itu. Tanya guru bahasa inggris anda bila ragu.
      .
    2. Membaca 2 kata 2 kata dengan intensitas membacanya agak cepat. Lakukan ini dengan 3 kata 3 kata (dalam 1 kalimat atau paragrap).
      Misalnya:
      .
      I want - to learn - English language. (2-2 kata dan agak cepat)
      I want to - learn English language. (3-3 kata dan agak cepat)
      I want to learn - English language I want (4-4 kata dan agak cepat)
      I want to learn English - language I want to learn (5-5 kata dan agak cepat).
      I want to learn English language (6 kata - habis - dan, agak cepat).
      .
      Kemudian ucapkanlah berkali-kali (misalnya: 15 kali) untuk satu kalimat utuh terakhir dengan intensitas cepat, lebih cepat, lebih cepat lagi, secepat mungkin hingga bacaan anda menjadi kacau. (ini serius loh).
      .
  3.  Gunakanlah satu atau lebih kata-kata bahasa Inggris dalam obrolan sehari-harimu (ini yang sering dilakukan oleh orang Malaysia - pernahkah anda mendengar obrolan orang malaysia dengan menyentil 1 kata atau prase dalam ucapannya?).
    Misalnya:
    .
    biar ane yang kasih ente help ntar.
    mesti di teach nih orang.
    enjoy dulu aaahh.
    take it easy bro! calm down, man!
    ngapain mesti pake acara confused segala sih?
    emangnya elhu doang yang smart?
    dst.dst.
    .
    Menggunakan dan mengucapkan satu kata dalam setiap obrolanmu sehari-hari akan mendoktrin aspek kebahasaan yang ada dalam diri anda untuk terbiasa berbahasa dengannya dan ini akan menutup "rasa asing" terhadap bahasa yang memang asing :p .
    .
  4. Biasakanlah membaca 1 paragrap utuh setiap hari dengan suara agak keras (terdengar) dengan membaca yang benar (tahap ini merupakan kelanjutan dari tahap kedua diatas).
    .
  5. Hiasilah kamar tidurmu - di dinding atau belakang pintu, atau didepan pintu kamar - atau dimanapun yang kira-kira gak bakal dimarahin nyokap bokapmu :v (serius nih) dengan ungkapan-ungkapan singkat dalam bahasa inggris.
    Misalnya:
    .
    Do not disturb!
    No smoking!
    Help me! (plus karikatur gambar orang kelelep di trotoar)

Bila nomor 1 s/d 5 diatas telah anda biasakan (paling tidak 3 bulan), ingatan dan pola pikir anda setidak-tidaknya akan membuka diri untuk dimasuki bahasa asing ( bahasa Inggris ) dan mulai terasa ingin mempelajarinya, memahami dan menguasainya sehingga anda bisa menulis dan berdialog dalam bahasa Inggris. Ingat! menguasai bahasa inggris itu so amazing loh :p :v

Bila demikian sudah terbiasa, maka persiapkan diri anda untuk belajar 5 hal mendasar sebagai berikut:
  1. Mengenal dan memahami jenis kata dalam bahasa inggris

  2. Mengenal dan memahami kata bantu dalam bahasa inggris

  3. Mengenal dan memahami bentuk kata kerja yang paling fundamental (baca: mendasar) dalam bahasa inggris.

  4. Mengenal dan memahami pola kalimat dasar dalam bahasa inggris.

  5. Mengenal dan memahami apa itu Tenses.

Kelima hal diatas sudah saya posting di blog ini - terangkum didalam tag Panduan Belajar Grammar dan menjadi acuan inti dari pembelajaran bahasa inggris di blog pelg-grammar.blogspot.com ini bagi pembelajar super pemula alias nol sama sekali.

Jangan lupa baca juga Pelg-grammar's Glossary yang berisi istilah-istilah yang saya gunakan untuk mempermudah pembelajaran bahasa Inggris. Dan, bila ada pertanyaan, jangan sungkan-sungkan buat kontak saya di facebook.com/Dev7Cyber2012.
Selamat mencoba dan semoga berhasil! amin!

If you have a question, please feel free to contact me!