Memahami Pola Kalimat Dasar Bahasa Inggris

Grammar Bahasa Inggris By Neth Herman

Memahami Pola Kalimat Dasar Bahasa Inggris merupakan modal utama didalam memahami dan menguasai semua pola atau bentuk kalimat-kalimat yang ada dalam ketatabahasaan (Grammar) Bahasa Inggris. Setiap bahasa memiliki pola-pola dasar utama sebelum menginjak ke materi lanjutan. Dengan menguasai pola kalimat dasar suatu bahasa asing diharapkan pula akan menguasai bentuk dan pola kalimat-kalimat yang lebih kompleks lagi. Pada saat kita berdialog dalam Bahasa Inggris, maka yang keluar dari lisan kita adalah rangkaian (baca: susunan) kata. Bila susunan kata itu dapat dipahami dengan jelas, maka dapat dikatakan bahwa itulah bentuk kalimat. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan adalah: 'apakah kalimat yang kita utarakan itu telah benar menurut kaidah kebahasaan (English Grammar) ? Artinya, sebuah struktur kata - kalimat - dapat dikatakan baik bilamana lawan dialog memahami pembicaraan kita. Namun, kalimat tersebut belum tentu benar - menurut ilmu ketatabahasaan. Menggunakan aturan, kaidah atau Grammar dalam berbicara atau menulis itu penting agar makna (meaning) yang kita kehendaki dapat tersampaikan secara penuh pada siapa lawan bicara kita.

#Definisi Kalimat Bahasa Inggris

Google mendefinisikan kalimat sebagai berikut:
"a set of words that is complete in itself, typically containing a subject and predicate, conveying a statement, question, exclamation, or command, and consisting of a main clause and sometimes one or more subordinate clauses."
Terjemahannya: Kalimat (English Sentence) adalah: rangkaian kata-kata yang memiliki makna utuh, terdiri dari sebuah subject dan predicate, berguna untuk menyampaikan pesan, pertanyaan, seruan, perintah dan terdiri atas sebuah klausa utama dan terkadang satu atau lebih sub-klausa.

Sedangkan Oxford Dictionary memberi pengertian singkat namun jelas mengenai kalimat, yaitu: "A sentence is a group of words that makes complete sense, contains a main verb, and begins with a capital letter".
Terjemahannya: Kalimat adalah sebuah kelompok kata yang memiliki arti, terdiri atas sebuah kata kerja utama dan dimulai oleh huruf kapital". Dalam hal ini, Oxford Dictionary lebih menekankan pada fungsi dan kedudukan kata sebagai pembentuk kalimat dan inilah yang paling bisa dipahami - walaupun Google memberikan penekanan ini secara tidak langsung dengan mengatakan "complete in itself ---- containing s subject and predicate.

Berdasarkan, definisi diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa kalimat dalam Grammar bahasa Inggris itu adalah: "Gabungan kata-kata yang memiliki arti utuh dan unsur pembangunnya, sekurang-kurangnya, terdiri atas 1 buah subject dan 1 buah verb".

"Kalimat adalah gabungan kata-kata yang memiliki arti utuh dan unsur pembangunnya, sekurang-kurangnya, terdiri atas 1 buah subject dan 1 buah verb".

#Unsur Utama Pembangun Kalimat

Jadi, syarat terbentuknya sebuah kalimat yakni:
  1. Bergabungnya 2 kata atau lebih
  2. Memiliki arti utuh *) dan dapat dipahami
  3. Harus ada kata-kata yang berkedudukan sebagai subject dan verb.
Catatan: Untuk memahami bahasan ini, 
silahkan lihat dan baca ulasan mengenai 
pada bahasan lalu.

Penjelasan

Bila ada kelompok kata atau bergabungnya 2 buah kata atau lebih belum tentu disebut dengan kalimat oleh karena bisa jadi itu phrases atau prase (lihat bahasan mengenai materi bahasa inggris phrases sebelumnya). Bila telah ada kelompok kata, maka yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah: "Apakah kelompok kata itu - diantara 2 atau beberapa kata-kata yang ada - berkedudukan sebagai subject dan verb?"

Contoh:
The beautiful girl

[The beautiful girl] bukanlah kalimat. Itu adalah bentuk phrases (prase) oleh karena [the], [beautiful] atau [girl] tidak berkedudukan sebagai subject dan verb. Kelompok kata [The beautiful girl] tersebut akan berbeda saat diubah sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk seperti berikut ini:

The girl is beautiful.

Pada kelompok kata [The girl is beautiful] dapat disebut dengan kalimat, oleh karena terdiri dari 1 buah subject [the girl] dan verb [is] sedangkan [beautiful] adalah complement (pelengkap). Sebagai catatan: kedudukan pelengkap (complement) dalam kalimat tersebut berguna untuk menerangkan atau memberi informasi mengenai subject [The girl]. Perhatikan perumpaman berikut ini:

[The beautiful girl], bila diterjemahkan akan memiliki makna: "Gadis yang cantik". Sedangkan pada [The girl is beautiful] diterjemahkan sebagai: "Gadis itu cantik".
Cobalah cermati dan pahami sekali lagi ilustrasi sederhana berikut ini:

Gadis yang cantik VS Gadis itu cantik.

Adalah tidak mungkin bila kita berkomentar pada seseorang dan mengatakan "gadis yang cantik" tanpa ada kata-kata lain yang mengikutinya atau kata-kata sebelum kata-kata "gadis yang cantik" itu. Ungkapan kita menjadi mengambang dan tidak jelas. Apa maksudnya berkomentar seperti itu? Disini letak masalahnya. Artinya, [The beautiful girl] memiliki makna yang tidak jelas dan mengambang dan membutuhkan kata-kata lain agar artinya menjadi penuh, lengkap dan utuh. Paham? :p

Berbeda dengan [The girl is beautiful]. Kata-kata ini, bila diungkapkan pada seseorang atau berkomentar atas seorang gadis maka maknanya menjadi jelas, lengkap dan utuh. Disinilah letak perbedaan dan sekaligus menjadi Syarat utama pembentukkan sebuah kalimat, yaitu: harus memiliki makna yang utuh. Kalimat bermakna utuh disini bersifat tidak mengambang, sudah jelas, dapat dipahami walaupun tanpa harus menambahkan kata-kata sebelum atau sesudahnya.
Jadi, sebuah kalimat tidak akan dikatakan sebagai sebuah kalimat apabila tidak terdiri dari 1 buah subject dan 1 buah verb serta tidak memiliki makna yang utuh.


Syarat terbentuknya sebuah kalimat bahasa inggris dasar


Suatu kelompok kata semacam [The beautiful girl] yang sebenarnya adalah bentuk phrase ini justru menjadi unsur pembangun kalimat,. baik sebagai subject maupun sebagai object. (lihat bahasan phrases di paragraph terakhir).

Contoh:
The beautiful girl is crying. (Gadis yang cantik itu sedang menangis).

Dalam kalimat tersebut dapat kita lihat dengan jelas, dimana [The beautiful girl] berkedudukan sebagai subject dan [is crying] sebagai verb.

#Pola Kalimat Dasar Bahasa Inggris

Sebelum mempelajari kalimat-kalimat dasar bahasa Inggris, marilah kita simak contoh kalimat-kalimat berikut ini:
  • He is a student.
  • She was ill.
  • The teachers are at school.
  • A cat jumps.
  • Jean Gkol swims.
  • The man sleeps.
Sebenarnya kalimat-kalimat diatas ada kelanjutanya seperti; A cat jumps into the river. (Seekor kucing melompat ke sungai), dst. Akan tetapi, untuk memudahkan pemahaman mengenai Kalimat Dasar Bahasa Inggris, maka saya (rasyid habibie) hanya memberikan contoh sederhananya saja.

Penjelasan

Pada contoh kalimat urutan 1 s/d 3 dari atas, adalah bentuk Kalimat Nominal (Nominal Sentence), sedangkan contoh-contoh kalimat-kalimat urutan 4 hingga 6 adalah Kalimat Verbal (Verbal Sentence). Kedua jenis kalimat ini adalah Pola Kalimat Dasar dalam Bahasa Inggris. Dengan kata lain, semua pola kalimat bahasa inggris menginduk dan menderivasi (/derived=diambil/) dari kedua bentuk kalimat dasar tersebut.

Lalu, apa itu Kalimat Nominal (Nominal Sentence) ? dan apa juga Kalimat Verbal (Verbal Sentence)?
Silahkan ikuti pembahasan mengenai kalimat nominal dan kalimat verbal ini dihalaman selanjutnya.