SKIP TO MAIN CONTENT
www.pelggrammar.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Pelg-Grammar: Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan
date: Wednesday, August 26, 2015

Memahami Makna Kata & Fungsinya

Belajar Bahasa Inggris Grammar & Conversation Lengkap

Ringkasan Materi Bahasa Inggris
Apa itu kata - Apa kedudukan kata dalam tata bahasa - grammar - bahasa inggris dan bagaimana cara memahami bentuk kata, makna dan fungsinya dalam bahasa inggris.
Apa itu Kata (dalam bahasa inggrisnya: word /wɜːd/)? Apa kedudukan kata dalam tata bahasa - grammar - bahasa inggris dan bagaimana cara memahami bentuk kata, makna dan fungsinya dalam bahasa inggris? Semua akan kita bahas secara rinci dan lengkap.

#Definisi Kata (Word)

Secara definitif (baca: pengertian), Kata adalah gabungan 2 buah huruf (/lebih) dan memiliki makna. Intinya, gabungan 2 huruf atau lebih itu harus memiliki "Makna" atau arti. Bila gabungan huruf-huruf tersebut tidak memiliki arti maka bukanlah kata namanya. Selanjutnya, bila menurut anda gabungan huruf-huruf itu sudah memiliki arti tertentu, syarat berikutnya yaitu: harus bisa dipahami "maknanya" oleh publik atau orang lain (pemahaman atas makna kata tersebut berlaku bagi mayoritas orang.) Sebagai ilustrasi, dapat digambarkan syarat terbentuknya sebuah kata, sebagai berikut:

#Syarat Terbentuknya Sebuah Kata (Word)

syarat terbentuknya sebuah kata

Jadi, kesimpulannya, syarat terbentuknya kata itu adalah:
  1. bergabungnya 2 huruf-huruf atau lebih (baik vokal maupun konsonan)
  2. Memiliki "makna" atau "arti" tertentu
  3. Dapat dipahami oleh kebanyakan orang (publik)


Contoh berikut ini adalah Kata:
  •  bekerja, menulis, polisi, kapur, pensil, sayuran, daging, uang, harimau, sekolah, dsb
Contoh yang Bukan Kata:
  • dh, erpaaa, ehrnuu, wjrk, qoqoqo, wwww, thnnn, dst.
    *) Pada contoh ini, semua kata tersebut tidak memiliki arti, walaupun merupakan gabungan huruf-huruf.
 Sedangkan Google, mendefiniskan Kata (Word) sebagai:
"a single distinct meaningful element of speech or writing, used with others (or sometimes alone) to form a sentence and typically shown with a space on either side when written or printed."

 

#Jenis-jenis Kata (Word)

Dalam Bahasa Inggris (English Grammar), kata terdiri atas 9 macam yang tercantum didalam Parts Of Speech (Bagian-bagian dari perkataan/pembicaraan), yaitu:

  1. Noun / Kata Benda
    Contoh:
    flower, chair, stone, rose, policeman, students, Rudi, school, sky, river, cloud, heaven, machine, education, preparation, management, goods, garbage, eyes, stomach, kindness, sadness, thought, idea, opinion, dsb.
  2. Adjective / Kata Sifat
    Contoh:
    good, bad, beautiful, pretty, ugly, sweet, bitter, ill, crowded, broken, interested, better, diligent, stupid, sleepy, tired, bored, jealous, possible, nonsense, dsb.
  3. Verb / Kata Kerja
    Contoh:
    go, sweep, work, talk, understand, think, weep, speak, argue, qualify, identify, colorize, swim, seem, looks, listen, here, dream, write, dsb|
  4. Adverb // Kata Keterangan
    Contoh:
    slowly, quickly, fast, at school, at home, next to me, near the city, dsb
  5. Pronoun / Kata Ganti Orang & Benda
    Contoh:
    I, you, we, they, he, she, it, her, mine, dsb
  6. Articles / Kata Sandang - *) Google menamakannya: Determiner (termasuk: that, this, dsb)
    Contoh:
    a, an dan the
  7. Conjunction / Kata Penghubung
    Contoh:
    but, and, besides, further, nevertheless, although, even if, because, because of, in order that, knowing that, after, before, when, while, dsb.
  8. Preposition / Kata Depan
    Contoh:
    in, off, on, at, above, inside, of, under, in front of, next to, beside, in back of, dsb.
  9. Interjection // Kata Seru
    Contoh:
    Alas!, Oh my god! Goodness! Oh-no!, dsb.

Google mendefinisikan Parts of Speech sebagai:
"a category to which a word is assigned in accordance with its syntactic functions. In English the main parts of speech are noun, pronoun, adjective, determiner, verb, adverb, preposition, conjunction, and interjection."

Terjemahannya dari definisi Google tersebut sebagai berikut:
"Sekelompok kata tertentu yang memiliki fungsi sintaks. Dalam Bahasa Inggris, diartikan sebagai bagian-bagian berbicara meliputi; noun, pronoun, adjective, determiner, verb, adverb, preposition, conjunction dan interjection".

Hampir semua kata diatas digunakan dalam tulisan (English writing) dan lisan (English speaking). Jadi, kita tidak harus menggunakan kata-kata itu semuanya - dalam bentuk writing atau speaking - dalam satu waktu, yang jelas, sesuai dengan kebutuhan penulisan dan pembicaraan. Rincian tiap-tiap kata diatas akan kita bahas dilain kesempatan, oleh karena pada materi grammar kali ini kita hanya membahasnya sebagai pengenalan untuk pemahaman kedepannya nanti.

#Fungsi/Kegunaan Kata (Word)

Berdasarkan definisi, syarat-syarat terbentuknya kata serta jenis-jenis kata seperti yang diuraikan diatas, maka Fungsi atau kegunaan kata dalam bahasa Inggris yakni: Membangun sebuah Prase, Kalimat dan Klausa.
Secara umum, kata berguna sebagai unsur penting didalam menyusun sebuah prase (English Phrases), kalimat (English Sentences) dan Klausa (English Clauses).

Contoh Penggunaan Kata dalam sebuah Phrase:
A Good Student (seorang pelajar yang baik)

Contoh diatas memperlihatkan kedudukan dan fungsi kata: A, Good dan Student didalam membentuk prase. Bila kita pisah satu demi satu maka kita akan menemukan 3 jenis kata:
  • A (kata sandang / Article)
  • Good (kata sifat / Adjective), dan
  • Student (kata benda / Noun)
 Jadi, ada 3 jenis kata dalam pembentukkan prase tersebut. Anda pun bisa membuatnya sendiri contoh-contoh prase. Akan tetapi cara penyusunannya tetap harus sesuai dengan ketatabahasaan bahasa inggris (English Grammar Rules).

Contoh Penggunaan Kata dalam sebuah Sentences:
A good student goes to school. (seorang pelajar yang baik pergi ke sekolah).

Pada contoh tersebut kita menemukan ada 6 buah kata yang tersusun sedemikian rupa (sesuai kaidah ketatabahasaan bahasa inggris) dalam rangka membentuk sebuah Kalimat atau English Sentences. Kata-kata itu adalah:
  • A (Article)
  • Good (Adjective)
  • Student (Noun)
  • Goes (Verb)
  • To (Preposition)
  • School (Noun)
Berdasarkan jenis-jenis kata yang ada pada kalimat tersebut, kita dapat menambahkan 2 buah jenis kata yang sama (Student = School = Noun) dalam sebuah kalimat. Tapi penyusunannya itu, sekali lagi, jelas harus sesuai dengan peraturan penyusunan sebuah kalimat (English Grammar) yang nantinya jelas akan kita bahas rinci pula.

Sebentar! Bukankah A Good Student adalah Phrase? berarti, prase bisa diletakkan (sebagai bagian) dalam sebuah kalimat? Jelas Bisa! Koq bisa? ... Kita bahas tentang prase (Phrase), kalimat dan klausa dilain halaman pada blog Pleg-Grammar Ini. Sekedar informasi bahwa, contoh penggunaan kata dalam pembentukkan klausa tidak kami berikan disini, oleh karena klausa adalah gabungan 2 kalimat atau lebih. Jadi, bila kalimat itu terdiri - dibangun - dari kata-kata, demikian pula klausa.


Please Leave a Comment

Newer Post ~ Baca Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan Sebelumnya
Beranda pelg-grammar


Materi Bahasa Inggris Populer

Get the latest English Lessons for free!