SKIP TO MAIN CONTENT
www.pelggrammar.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Pelg-Grammar: Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan
date: Friday, August 28, 2015

Bentuk Kata Kerja Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris Grammar & Conversation Lengkap

Ringkasan Materi Bahasa Inggris
Kata kerja (verb) merupakan salah satu anggota Part of speech yang berperan penting dalam penyusunan sebuah kalimat Bahasa Inggris. Pemahaman atas kata kerja ini menjadi penting manakala hampir semua bentuk - pola - kalimat bahasa Inggris didalam bahasan English Grammar mengandung kata kerja (verb) tersebut.
Kata kerja (verb) merupakan salah satu anggota Part of speech yang berperan penting dalam penyusunan sebuah kalimat Bahasa Inggris seperti halnya subject. Pemahaman atas kata kerja ini menjadi penting manakala semua bentuk - pola - kalimat bahasa Inggris didalam bahasan English Grammar mengandung kata kerja (verb) tersebut.

Secara definitif (menurut Google), verb adalah: "a word used to describe an action, state, or occurrence, and forming the main part of the predicate of a sentence, such as hear, become, happen." Terjemahannya: sebuah kata yang digunakan untuk menggambarkan sebuah aksi/tindakan, keadaan tertentu atau kejadian/peristiwa dan membentuk bagian utama predikat dari sebuah kalimat, seperti; hear, become, happen. Definisi ini bersifat umum mengenai gambaran suatu kata kerja (Verb), tetapi tidak menekankan pada bentuk ril dari kata kerja itu. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan rinci mengenai kata kerja berikut ini.

Bentuk Asli Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris

Kata kerja (Verb) Bahasa Inggris, pada dasarnya, terbagi atas 2 ciri khas:
  1. Lexical Verb
  2. Structural Verb

#Lexical Verb

Lexical Verb adalah kata kerja (verb) yang berkenaan dengan kekamusan (lexicon). Sederhananya yaitu bahwa kata kerja jenis ini dapat diartikan (diterjemahkan) dan memiliki arti yang jelas dan dapat dipahami.

Contoh kata kerja berbentuk lexical:
go (pergi,menjadi), make (membuat, mencari, memaksa), stop (berhenti, menghentikan), catch (menangkap, menghentikan (utk.bus), dsb.

Bila diletakkan dalam sebuah kalimat, maka akan memberi makna utuh.

I go to school. (Saya pergi ke sekolah)
My mother is making a cake.(Ibuku sedang membuat kue)
Irsyad catches a bus. (Irsyad mencegat sebuah bus)
He stops working (Dia berhenti bekerja).

#Structural Verb



Structural Verb adalah kata kerja (verb) yang tidak berkenaan dengan kekamusan. Kata kerja struktural ini tidak memiliki arti jelas dan pemahaman atas kata kerja jenis ini bergantung pada kata-kata yang dihubungkan dengannya dan harus dimaknai secara utuh dalam satu kesatuan konteks/kalimat.

Contoh kata kerja berbentuk struktural:
is, am, be, was, are, were, been, being (yang biasa kita kenal dengan istilah "BE" atau "TO BE".)

Perhatikan bagaimana structural verb ini diletakkan dalam sebuah konteks kalimat:

He is at home (Dia dirumah)
She was here. (Dia disini)
They are in now. (Mereka didalam sekarang)
The boy will be soon leaving tomorrow (Anak itu akan segera berangkat besok)
Earth is not square. (Bumi tidaklah kotak).
My friend is lazy (Temanku malas).
The teacher has been teaching English since 1997. (Guru itu telah mengajar Bahasa Inggris - hingga saat ini - sejak tahun 1997)
Be quiet! (Harap tenang!)

Membaca dan memahami makna didalam kurung diatas, nyatalah bahwa makna "be" dalam contoh diatas sebagai structural verb karena tidak memiliki ketentuan makna yang jelas dan tidak tetap. Bahkan pada contoh-contoh tertentu, tidak memiliki arti sama sekali. Penterjemahan yang sering kita didapatkan dibuku-buku sekolah dan panduan grammar bahasa inggris di Indonesia lebih disebabkan karena aspek "pemahaman" akan bahasa asing. Untuk mempermudah dan sebagai pendekatan pemahaman tersebut maka para tutor, editor buku dan penulis buku menterjemahkannya yang seakan-akan "Be" memiliki arti yang jelas padahal tidaklah demikian.

"........................ seakan-akan "Be" memiliki arti yang jelas. Padahal, tidaklah demikian."

Memahami struktur kalimat tidak dapat terlepas dari keberadaan dan fungsi kata kerja lexical dan kata kerja struktural diatas. Ini ketetapan mutlak! tanpa keduanya, maka tidak akan terlahir apa yang disebut dengan Kalimat Nominal dan Verbal yang akan kita bahas dihalaman selanjutnya.
Please Leave a Comment

Newer Post ~ Baca Belajar Bahasa Inggris: Grammar & Percakapan Sebelumnya
Beranda pelg-grammar


Materi Bahasa Inggris Populer

Get the latest English Lessons for free!